Ombudsman Pastikan Kebakaran Kilang Minyak Balongan Tak Pengaruhi Pasokan BBM

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 14 April 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 337 2394588 ombudsman-pastikan-kebakaran-kilang-minyak-balongan-tak-pengaruhi-pasokan-bbm-R4QRy1Vb6e.jpg Kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan (Foto : Okezone.com/Fathnur)

JAKARTA - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melakukan investigasi terkait insiden kebakaran kilang minyak PT Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Ombudsman menemukan fakta bahwa jumlah tanki yang terbakar sebanyak empat buah dari total 71 tanki yang ada. Kemudian, kebakaran tanki tersebut diklaim tidak memengaruhi pasokan BBM.

"Tanki yang terbakar adalah tanki Pertalite dengan lokasi di pojok kilang dengan jumlah empat tanki atau 7% dari total di kilang Balongan sebanyak 71 tanki. Luas area empat tanki yang terbakar adalah dua hektare," kata Anggota Ombudsman, Hery Susanto, Rabu (14/4/2021).

Mulanya api melahap satu tanki. Namun seiring berjalannya waktu si jago merah merambat ke tiga tanki lainnya, sehingga totalnya empat tanki yang masih satu klaster.

Baca juga: Anggota Ombudsman RI Terpilih Ucap Sumpah Jabatan di Depan Jokowi

"Dampak terbakarnya empat tanki tersebut di antaranya kerusakan properti berupa empat tanki dengan volume minyak 25.328 KL, dua unit pick up kilang dan kerusakan bangunan di sekitar kilang," jelas Hery.

Baca juga: Ombudsman: Kilang Minyak Balongan Sudah Terbakar 3 Kali Sejak 2007

“Terkait dampak terhadap pasokan bahan bakar minyak (BBM), berdasarkan penelusuran Ombudsman, insiden kebakaran ini tidak mempengaruhi pasokan BBM. Dari total 71 tangki, yang terbakar sebanyak empat tangki dengan kapasitas 7% dari seluruh BBM yang dihasilkan di Kilang Balongan,” tambah dia.

Ombudsman melakukan investigasi lapangan dengan mengirim dua orang utusan perwakilan Jawa Barat pada 7-8 April 2021. Kemudian pada 9 April 2021 Ombudsman meminta keterangan PT Pertamina dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

Informasi yang didapat Ombudsman bersumber dari pihak Pertamina, warga terdampak dan tokoh masyarakat, media massa, dan kepala desa terdampak di Indramayu sekaligus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini