Wisma Pademangan Disiapkan Antisipasi WNI dari Luar Negeri Jelang Lebaran

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 14 April 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 337 2394446 wisma-pademangan-disiapkan-antisipasi-wni-dari-luar-negeri-jelang-lebaran-xJO7fTnLwA.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Brigjen Muhammad Saleh Mustafa menyiapkan Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara. Adapun tujuannya untuk antisipasi meledaknya Warga Negera Indonesia (WNI) dari Luar Negeri (LN) jelang lebaran.

Saleh mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pengecekan kesiapan Wisma Pademangan. Nantinya, lanjut dia, tempat tersebut akan digunakan sebagai tempat karantina atau isolasi dari repatriasi atau WNI yang datang dari LN.

"Alhamdulillah kondisi memang saat ini keterpakaian hunian mencapai 90 persen, namun ada lokasi untuk WNI khususnya dari LN yang di koordinir langsung oleh pemerintah," ucap Saleh pada jumpa pers di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (14/4/2021).

Saleh menambahkan ada 20 hotel isolasi dan 40 hotel yang direct booking langsung dari LN. Selain itu, Wisma Pademangan juga akan digunakan untuk isolasi.

Saleh menjelaskan untuk kesiapan di tower 8 dan 9 dirinya menitik beratkan pada fasilitas, khususnya lift dan internet.

"Tempat karantina ini berbeda, mereka tidak boleh keluar dari ruangan, kita hindari kerumunan sehingga fasilitas lift untuk mobilisasi repatriasi dan logistik bisa berjalan tanpa langgar protokol kesehatan," jelasnya.

Selain itu, Kasdam Jaya juga mengecek kesiapan operasional bidang kesehatan. Dirinya mengklaim bahwa sistem yang diterapkan sudah baik.

"Alhamdulillah kita dari tim kesehatan yang melakukan baik itu dari mulai pengambilan PCR sampe clearence sudah bagus sistemnya," terang Saleh.

Diketahui saat ini sudah mencapai 1800 hingga 2000 kedatangan WNI dari luar. Kemungkinan jelang lebaran akan semakin meningkat.

"Seperti tahun lalu, sampai 4000 hingga 6000 per hari, ini yang kita antisipasi," tandasnya.

Saleh mengimbau sekali lagi kami harap semua WNI yang datang dari luar agar patuhi prosedur yang telah di berlakukan. Sebab, ini merupakan langkah strategis untuk mencegah masuknya virus baru dari LN.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini