Hati-hati! Hindari Tidur Usai Sahur, Cek Alasannya di iNews Siang Pukul 11.00 WIB Ini

iNews TV, MNC Media · Rabu 14 April 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 337 2394332 hati-hati-hindari-tidur-usai-sahur-cek-alasannya-di-inews-siang-pukul-11-00-wib-ini-Gy5HZBC1Ib.jpg

JAKARTA - Kondisi perut yang kenyang usai santap sahur umumnya mendatangkan kantuk. Karena alasan ini pula banyak orang yang menyempatkan tidur usai sahur sembari menanti datangnya subuh. Padahal dari segi ajaran agama dan kesehatan, tidur usai sahur tidak dianjurkan dan mengandung risiko kesehatan.

Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan). Apalagi setelah subuh itu merupakan waktu turunnya berkah dan rezeki, jika tidur maka tidak mendapatkan berkah ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa kepada Allah untuk umatnya seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya," (HR. Abu Dawud. Hadis ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abi Daud).

Secara medis pun, tidur setelah subuh maupun setelah sahur juga tidak baik untuk kesehatan. Karena saat itu adalah waktu untuk tubuh mulai melakukan metabolisme dan pemanasan. Jika tertidur lagi maka ibarat kendaraan yang tidak melakukan pemanasan. Ketika bangun jam 7 atau jam 8 pagi terasa masih lemas dan kurang bersemangat.

Kebiasaan langsung tidur setelah santap sahur ternyata bisa menyebabkan beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan seperti, perut buncit dan berat badan naik. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan waktunya untuk mencerna makanan yang masuk ke dalamnya dengan baik. Akibatnya, perut akan membuncit dan kemungkinan berat badan naik juga akan terjadi.

Saksikan selengkapnya pembahasan tentang risiko yang membayangi kebiasaan tidur usai sahur ini, bersama Ketua Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) DR. Hermawan Saputra di iNews Siang hari ini.

Selain itu iNews Siang akan menyoroti praktik investasi bodong yang menyebabkan warga satu kampung di Banyuwangi, Jawa Timur menjadi korban penipuan.

Akan hadir juga geliat ekonomi dari pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara Pasar Tanah Abang. Seperti apa kondisinya usai dihantam pandemi?

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang bersama Wilson Purba dan Bernadheta Ginting pukul 11.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini