MUI Sebut Vaksinasi Covid-19 Bisa Dilakukan di Masjid Usai Tarawih

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 13 April 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 337 2394155 mui-sebut-vaksinasi-covid-19-bisa-dilakukan-di-masjid-usai-tarawih-Uw68VtN0t2.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan program vaksinasi Covid-19 dapat terus dilakukan meski saat ini umat Islam tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh mengatakan, MUI telah menerbitkan fatwa Nomor 13/2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa dan tetap memperhatikan kondisi penerima vaksin.

"Praktek vaksinasi Covid-19 dibolehkan secara syar'i sekalipun sedang puasa. Tinggal kuncinya adalah sejauh mana ketahanan fisiknya ini, yang merupakan hasil screening tenaga kesehatan apakah laik atau tidak untuk menjalankan vaksinasi," katanya dalam dialog bertema Vaksinasi Aman Di Bulan Ramadan, Selasa (13/4/2011).

Asrorun Naim menjelaskan, bulan Ramadhan adalah momentum terbaik untuk memperkuat ikhtiar memutus mata rantai Covid-19 dengan ikhtiar lahiriah dan ikhtiar bathiniah.

Sejumlah upaya yang dapat dilakukan adalah terobosan yang selama ini belum dilakukan. Misalnya, kata dia,  menjadikan masjid sebagai tempat untuk melaksanakan vaksinasi pada malam hari setelah jamaah melakukan salat tarawih.

Baca juga: Bolehkah Halalbihalal Idul Fitri Dilakukan Tatap Muka? Ini Kata MUI

Selain dinilai dapat mengakselerasi durasi, pelaksanaan vaksinasi di masjid dinilai dapat menjadi solusi atas permasalahan vaksinasi bagi masyarakat kelompok lansia.

Baca juga: Kejar Target, Pemerintah Perlu Perbanyak Vaksinasi Keliling

"Langkah-langkah kreatif yang kita lakukan bersama, maka ikhtiar untuk mempercepat target perwujudan herd immunity harus kita tempuh tanpa terkendala hal-hal bersifat non teknis," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Ahli Patologi Klinik Tonang Dwi Ardyanto menyampaikan tips persiapan bagi para penerima vaksinasi Covid-19 yang jadwalnya bersamaan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 2021.

"Istirahat yang cukup, kalau biasa sarapan, sahurnya cukup, setelah itu tenang, termasuk pada saat datang ke tempat penyuntikan, ikuti seluruh prosedur, kemudian setelah selesai segera pulang istirahat," jelasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini