Pencegahan Korupsi 2021-2022: Dari Perbaikan Tata Kelola Ekspor-Impor hingga Penguatan Integritas Penegak Hukum

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 13 April 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 337 2393912 pencegahan-korupsi-2021-2022-dari-perbaikan-tata-kelola-ekspor-impor-hingga-penguatan-integritas-penegak-hukum-gFJiGGy2le.jpeg KSP Moeldoko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa terdapat 12 aksi di tiga fokus sektor dalam aksi strategis nasional (stranas) pencegahan korupsi (PK) tahun 2021-2022. Di mana untuk tahun ini akan lebih output dibandingkan tahun sebelumnya.

“Aksi Stranas PK tahun 2021-2022 akan fokus menyelesaikan akan masalah meliputi 12 aksi di tiga fokus sektor dan berorientasi output, outcome dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Aksi-aksi tersebut yakni percepatan perizinan dan tata kelola ekspor impor, efektivitas dan efisiensi pengadaan barang dan jasa, serta pemanfaatan NIK untuk ketepatan subsidi.

Kemudian, lanjut dia, penguatan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) termasuk sinkronisasi perencanaan penganggaran, penguatan pengendalian pengendalian internal pemerintah, dan penguatan integritas aparat penegak hukum.

Baca juga: Klaim Sistem Pencegahan Korupsi Semakin Diperkuat, Moeldoko: Kalau Nekat Pasti Disikat

“(Dan) bersama enam aksi lain yang berpotensi menjadi game changer apabila dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan berorientasi hasil. Ini menjadi titik berat program kita ke depan,” tuturnya.

Baca juga: Moeldoko: Sebagian Besar Target Pencegahan Korupsi Tercapai

Dia mengungkapkan bahwa peluncuran stranas pencegahan korupsi sebagai komitmen kuat pemerintah bersama-sama dengan KPK untuk menciptakan pemberantasan korupsi yang sistemik, kolaboratif, dan berdampak nyata.

“Stranas juga merupakan kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang menjadi acuan dan panduan bagi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah serta pihak terkait untuk bergerak korupsi,” tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini