Luhut Senang KPK Banyak Lakukan OTT, tapi Pencegahan Lebih Penting

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 13 April 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 337 2393836 luhut-senang-kpk-banyak-lakukan-ott-tapi-pencegahan-lebih-penting-jQvEQpgBSA.jpg Luhut Binsar Pandjaitan (Foto : MPI/Raka)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku senang dengan penindakan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui operasi tangkap tangan (OTT).

Namun, menurut Luhut akan lebih baik jika 3 fungsi KPK yakni penindakan, pencegahan, dan pengawasan dapat berjalan dengan baik.

"Kalau penindakan kita sudah sangat senang lihat itu banyak OTT. Tapi kan enggak cukup hanya dengan OTT, OTT itu hanya ujung. Justru pencegahan ini yang lebih penting," ujar Luhut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Luhut menjelaskan alasan pentingnya pencegahan karena ada triliunan rupiah masih mengalir ke kocek-kocek para koruptor yang masih berkeliaran hingga saat ini.

Baca Juga : Ketua KPK : 1.552 Orang Ditangkap Karena Korupsi

Maka dari itu, lanjut Luhut, perlunya digitalisasi dalam pengadaan barang ataupun jasa dan lainnya. Untuk meminimalisir adanya oknum yang melakukan tindak pidana korupsi

"Apa itu pencegahan? Banyak sekali. Justru triliunan bisa kita cegah untuk enggak dikorupsi dengan digitalisasi yang sekarang kita kembangkan di pemerintah sehingga tak ada ruang orang nyogok karena semua berjalan otomatis," kata Luhut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini