Ketua KPK ke Para Gubernur: Tolong, Investasi Jangan Dipersulit

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 13 April 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 337 2393790 ketua-kpk-ke-para-gubernur-tolong-investasi-jangan-dipersulit-X30qyiN1oo.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : Sindonews)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengingatkan para gubernur agar tidak mempersulit investor yang ingin masuk ke daerahnya. Ia mengingatkan kepada para gubernur agar tidak menerima apalagi meminta fee kepada para investor.

"Tolong, saya sampaikan ke gubernur, untuk investasi jangan dipersulit, jangan meminta fee, buka investasi selebar-lebarnya," kata Firli di acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022, yang disiarkan melalui akun YouTube KPK, Selasa (13/4/2021).

Menurut Firli, saat ini daerah-daerah di Indonesia butuh investasi untuk membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Dengan dimudahkannya investasi masuk ke daerah, kata Firli, akan banyak juga lapangan pekerjaan yang terbuka.

"Karena kalau itu (investasi) dibuka, maka akan ada lapangan pekerjaan. Maka akan menimbulkan aktivitas ekonomi, sehingga banyak orang bekerja, banyak yang dapat penghasilan, maka tentu akan meningkatkan kekuatan ekonomi kita dan meningkatkan daya beli masyarakat," ucap Firli.

Ia menjelaskan, peran gubernur dan kepala daerah sangatlah penting dalam menjamin kemudahan investasi dan perizinan pengusaha dalam berusaha. Sebab, kata Firli, saat ini Indonesia sangat butuh untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Ketua KPK : 1.552 Orang Ditangkap Karena Korupsi

"Gubernur juga memiliki peran menjamin kemudahan investasi dan perizinan berusaha. Kenapa ini kami kedepankan, karena pertumbuhan ekonomi ini sangat didukung oleh situasi keamanan yang kondusif, kedua, adanya belanja APBN maupun APBD, ketiga, karena adanya investasi," tuturnya.

Baca Juga : Sri Mulyani: Pencegahan Korupsi Jangan Hanya Slogan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini