Pasca-Bencana Siklon Tropis Seroja, 3 Hal Ini Paling Dibutuhkan di NTT

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 13 April 2021 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 337 2393759 pasca-bencana-siklon-tropis-seroja-3-hal-ini-paling-dibutuhkan-di-ntt-GOEBaxLglo.jpg Banjir bandang di Flores Timur, NTT (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi mengungkapkan saat ini ada tiga hal yang paling dibutuhkan untuk penanganan pasca-bencana siklon tropis seroja di NTT. Pertama, yakni mencegah agar jenazah yang belum ditemukan tidak menjadi penyebaran penyakit baru.

“Yang penting sekali saat ini adalah bagaimana untuk mencegah supaya jangan sampai masih ada jenazah yang belum ditemukan ini menjadi hama baru, atau menjadi tempat penyebaran penyakit baru,” ungkap Josef Nae dalam keterangannya secara virtual lewat kanal resmi BNPB, Senin 13 April 2021 malam.

“Oleh sebab itu, kami membutuhkan bantuan dari siapa saja untuk menangani ini,” minta Josef Nae.

Baca Juga:  Upaya Antisipatif Hindari Dampak Cuaca Ekstrem Siklon Tropis

Kedua, yakni obat-obatan bagi masyarakat terdampak yang mengalami luka-luka. “Yang kedua adalah bantuan obat-obatan yang sampai saat ini kami sendiri belum tahu apakah mereka mengalami sakit atau tidak. Tapi kami yakin bahwa mereka mengalami sakit,” papar Josef Nae.

Ketiga, yakni kebutuhan konseling bagi anak-anak agar tidak trauma akibat bencana. “Yang ketiga adalah bagi anak-anak sekolah, anak-anak kecil, mereka membutuhkan konseling supaya tidak trauma,” katanya.

Josef Nae pun mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini dan juga organisasi masyarakat yang juga memberikan bantuan bimbingan atau konseling bagi anak-anak. “Oleh sebab itu, kami berterima kasih kepada ibu Menteri Sosial dan kepada organisasi masyarakat untuk ikut memberikan pembimbingan, memberikan konseling kepada anak-anak yang mengalami dampak bencana sehingga tidak mengalami trauma,” papar Josef Nae.

Baca Juga: Update Korban Bencana Banjir dan Longsor Kabupaten Alor NTT, 27 Meninggal, 16 Hilang dan 25 Luka-luka

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini