Menag Ingatkan Sholat Tarawih di Masjid Hanya Diperbolehkan di Zona Hijau dan Kuning

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 12 April 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 337 2393518 menag-ingatkan-sholat-tarawih-di-masjid-hanya-diperbolehkan-di-zona-hijau-dan-kuning-jBJ5q3T6is.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto : Dok Kemenag)

JAKARTA - Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijirah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Dengan begitu, malam ini umat Islam di Tanah Air mulai melaksanakan sholat tarawih pertama.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, Kemenag telah menerbitkan surat edaran terkait pelaksanaan amaliah bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Dia menjelaskan, selama Ramadhan, ibadah-ibadah yang menyertainya seperti sholat tarawih, iktikaf, kultum dan sebagainya, akan dilakukan pembatasan-pembatasan dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Jadi tarawih misalnya, tetap diperbolehkan tapi dengan pembatasan 50 persen dari kapastitas," kata Menag dalam sidang isbat 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin (12/4/2021).

Kendati demikian, kata dia, aturan-aturan ini tidak berlaku untuk daerah-daerah yang masuk ke zona merah dan oranye Covid-19. Oleh karena itu, bagi daerah yang masuk ke dalam zona merah dan orange, tidak diperbolehkan untuk melaksanakan amaliyah Ramadhan secara massal. Ibadah diminta dilakukan di rumah masing-masing.

Baca Juga : Breaking News: 1 Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada Selasa 13 April 2021

"Tetapi untuk daerah zona hijau dan kuning dipersilakan dengan aturan-aturan yang sesuai protokol kesehatan. Ini tidak lain untuk melindungi kita semua seluruh masyarakat indonesia agar masa pandemi covid ini kita bisa beribadah dengan tenang, kita bisa beribadah dengan baik tanpa berisiko terpapar atau memaparkan Covid-19 kepada yang lain," ujar dia.

Baca Juga : Sholat Tarawih Perdana, Begini Protokol Kesehatan di Masjid Istiqlal

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini