Isu KLB di Internal PKB, Pengamat: Bisa Menjadi 'Bola Salju' bagi Gus AMI

Rakhmatulloh, Sindonews · Senin 12 April 2021 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 337 2393070 isu-klb-di-internal-pkb-pengamat-bisa-menjadi-bola-salju-bagi-gus-ami-I3jGBetBnn.jpg Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ahmad Zamakhsyari atau akrab disapa Jimmy menuntut dilakukan Kongres Luar Biasa (KLB) terhadap partai yang dipimpin Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atau Gus AMI.

Jimmy mengklaim sejumlah kader melihat terjadinya pelanggaran AD/ART partai setelah Muktamar di Bali, contohnya soal penunjukkan Ketua DPC.

Menanggapi hal ini, Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS) Arman Salam menilai, isu yang dihembuskan terkait dorongan KLB oleh salah satu atau beberapa kader dalam tubuh PKB cukup menarik untuk dicermati.

"Apakah ini hanya bentuk protes terkait polemik di internal yang terinspirasi dari kasus kudeta PD (Partai Demokrat), atau ada tangan usil yang ingin mengecoh kesolidan partai kaum nahdliyin, kita lihat nanti," ujarnya saat dihubungi, Senin (12/4/2021).

Namun jika ditelaah lebih jauh, kata Arman, nampaknya menjadi sulit dilakukan dalam tubuh PKB, mengingat 'kepemimpinan' Gus AMI cukup kuat bahkan kita tahu komposisi kepengurusan ditingkat DPP dan kader PKB di Senayan mayoritas "orang-orang" Gus AMI.

Baca Juga : Pemerintah Buka Kanal Aspirasi Usai Ambil Alih Pengelolaan TMII

Dia pun memandang, ampaknya isu ini hanya berupa teguran dengan cara lain kader dari ketidaksesuaian atas kepentingan yang kurang terakomodir. Menurutnya, dengan isu KLB ini diharapkan Gus AMI bisa lebih mengakomodir atau setidaknya mengendurkan segala bentuk kepentingan pribadinya.

"Bisa dikatakan lebih tektok bagi bagiannya agar semua bisa merasakan. Hal ini bisa menjadi bola salju yang menghancurkan kalau tidak segera diatasi atau paling tidak menutup celah dan ruang dari tangan usil yang syarat kepentingan," ungkapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini