Soal Pembentukan Denwalsus, Jubir Prabowo: Permintaan kepada Panglima TNI

Riezky Maulana, iNews · Senin 12 April 2021 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 337 2393059 soal-pembentukan-denwalsus-jubir-prabowo-permintaan-kepada-panglima-tni-Kt3QAEuPWe.jpg Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara resmi membentuk satuan khusus dengan nama Datasemen Pengawal Khusus (Denwalsus). Satuan ini memiliki tugas untuk mengawal Prabowo selaku Menteri Pertahanan sekaligus mengawal serta menyambut para tamu penting dari pihak Kemhan.

Juru Bicara Menteri Pertahanna Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan, Denwalsus bukanlah hal yang baru. Sebab, pasukan ini sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasa digunakan dalam menyambut para tamu militer negara-negara lainnya.

"Detasemen khusus untuk pasukan jajar kehormatan menyambut para tamu-tamu militer dari negara-negara hal biasa, sejak lama sudah ada dibawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan," ucap Dahnil kepada MNC Media, Senin (12/4/2021).

Lebih jauh Dahnil menjelaskan, secara khusus Menhan Prabowo meminta kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar dapat menyediakan personel yang secara fisik sempurna. Menurutnya, tampilan fisik sempurna dibutuhkan lantaran par pasukan ini dijadikan "tampilan depan" dalam prosesi penyambutan.

"Pak Prabowo meminta ke Panglima TNI atau Mabes TNI agar disediakan personel-personel yang secara fisik sempurna karena menjadi "tampilan depan" dalam upacara penyambutan jajar kehormatan. Mereka menjadi sosok personel militer negara kita ketika menyambut tamu-tamu militer atau Menhan dari negara-negara lain yang berkunjung ke Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, tampilan fisik sempurna menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwasanya Indonesia memiliki wibawa di hadapan negara-negara lain. Oleh karenanya, Menhan Prabowo tidak main-main dengan pembentukan detasemen khsusus Ini.

"Makanya, Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," tuturnya.

Baca Juga : Lambang Partai Demokrat Didaftarkan ke HaKI, Damrizal: Bikin Malu

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut dari satuan mana saja para personel detasemen khusus itu didatangkan, Dahnil mengatakan mereka didatangkan dari tiga matra TNI yang ditugaskan di Kemhan. Baik itu darat, udara, dan laut.

"Iya (mereka didatangkan dari tiga matra TNI). Mereka yang bertugas di Kemhan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pembentukan Denwalsus ini pertama kali diketahui dari unggahan video Sekretaris Pribadi Prabowo Rizky Irmansyah dalam akun instagram pribadinya @rizky_irmansyah, dikutip Jumat 9 April 2021.

Rizky dalam keterangan unggahannya menuturkan, sebelum diterima sebagai bagian dari Denwalsus, para orang-orang terpilih ini telah dilatih di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Komando Pasukan Khusus (Pusdiklat Kopassus) Batujajar, Jawa Barat.

"Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibetuk oleh Menteri Pertahanan Pak Prabowo Subianto. Mereka dilatih, ditempa, dididik di Batu Jajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat," kata Rizky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini