Menko PMK Minta BNPB Awasi Dampak Kerusakan Akibat Gempa Malang

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 10 April 2021 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 337 2392610 menko-pmk-minta-bnpb-awasi-dampak-kerusakan-akibat-gempa-malang-ueBxX3ivsp.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto : Istimewa)

MALANG - Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah memerintahkan BNPB untuk memonitor dan melakukan asesmen akibat dampak gempa M6,1 yang terjadi di Kabupaten Malang.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, telah memerintahkan Kepala BNPB Doni Monardo untuk mengawasi dampak kerusakan yang timbul akibat gempa berkekuatan 6,1 SR pada Sabtu siang.

"Saya sudah kontak Terus dengan Kepala BNPB Pak Doni monardo kemudian saya juga menugaskan Deputi Kemenko PMK bidang kebencanaan untuk mendata memantau perkembangan gempa," ucap Muhadjir Effendy di sela - sela kunjungannya ke Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Sabtu malam, (10/4/2021).

Muhadjir yang melihat pertandingan perempatfinal Piala Menpora 2021 menegaskan akan terus memantau perkembangan yang terjadi dari dampak gempa. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga siap mengecek ke lapangan, bilamana ada kerusakan parah yang timbul akibat gempa.

"Saya stand by ini kalau memang dipandang saya segera turun ke lapangan besok bisa turun tapi akan kita lihat dulu perkembangannya," ucapnya.

Baca Juga : Gempa M6,1 Malang, Khofifah Kirim Tim ke Titik Terparah

Pemerintah pusat saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah untuk mendata efek gempa. Namun terkait penanganan pasca bencana, Muhadjir menyebut sejauh ini pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi Jawa Timur, maupun beberapa pemerintah kabupaten untuk mengordinasi dampak kerusakan.

"Untuk kejadian kasus gempa di wilayah Jawa Timur bagian selatan, masih dalam kategori belum bisa disebut bencana nasional. Berbeda dengan yang terjadi di NTT, memang sekarang fokusnya di NTT, karena itu saya sarankan bencana gempa di selatan Jawa Timur ini cukup dihandel oleh masing-masing daerah dan nanti akan saya koordinasikan," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini