Doni Monardo: SAR Dog Efektif Cari Jenazah yang Tertimbun Banjir Bandang

Rakhmatulloh, Sindonews · Jum'at 09 April 2021 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 337 2391711 doni-monardo-sar-dog-efektif-cari-jenazah-yang-tertimbun-banjir-bandang-kO1Hgwx1PZ.jpg Doni Monardo (Foto: BNPB)

JAKARTA - Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, pihaknya terus melakukan pencarian terhadap para korban bencana banjir bandang yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Sampai saat ini sebanyak 4003 personil Polri dan 3569 anggota TNI tersebar di sejumlah lokasi di NTT dan NTB.

"Adapun dukungan telah diberuikan dalam bentuk tenaga medis dokter obat-obatan kemudian SAR dog atau K9 kemudian logistik khususya dapur lapangan yang hampir tergelar di kabupaten kota yang terdampak oleh dukungan dari jajaran TNI polri bersama dengan Tagana dari Kemensos. Kerja sama ini telah baik sekali," ujarnya dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, Doni mengatakan, berdasarkan laporan dari sejumlah kepala daerah setempat, sejumlah sawah mengalami kerusakan parah dan banyak hewan yang hanyut dan mati akibat terbawa arus banjir.

Baca juga: Total Korban Jiwa Musibah di NTT dan NTB Capai 210 Orang, Ini Rinciannya

"Kemudian jembatan khusus di sejumlah kabupaten kota irigasi rusak termasuk juga bangunan milik pemerintah dan sekolah dan bangunan lainnya termasuk rumah rusak berat rusak sedang dan rusak ringan semua sudah tercatat dan nanti bisa diambil datanya melalui pusdatin BNPB," ungkapnya.

Baca juga: Gubernur NTT Mendadak Copot Kepala BPBD dan Jemput Paksa Bupati Kupang, Ada Apa?

Kendati begitu, Doni mengatakan, dalam proses pencarian terhadap orang yang masih hilang, keberadaan SAR Dog atau K9 cukup membantu pencarian korban yang tertimbun material bangunan.

"Ada hal cukup menggemberikan SAR dog sangat efektif sesuai laporan yang disampaikan Kepala Basarnas jadi SAR dog K9 itu langsung menyasar titik-titik di mana lokasi jenazah tertimbun (banjir bandang) sehingga alat berat tak kesulitan mencari," pungkas dia.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini