Sekolah Tatap Muka Dimulai, Kemendikbud: Jangan Langsung Belajar Membabi Buta

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 08 April 2021 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 337 2391660 sekolah-tatap-muka-dimulai-mendikbud-jangan-langsung-belajar-membabi-buta-oIaEzBx35U.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka melakukan menerakan sistem pembelajaran tatap muka. Meski begitu, mendikbud meminta kurikulum pendidikan tidak langsung berat seperti sebelum pandemi.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri mengatakan pada masa awal belajar tatap muka secara terbatas, tenaga pengajar diminta untuk tidak memberikan beban materi yang berat. Beban pembelajaran harus diberikan secara bertahap.

"Ketika anak PTM hari pertama, tidak dilakukan pembelajaran secara membabi buta. Mungkin guru seolah punya hutang banyak (materi), jadi itu ditumpahkan ke siswa di hari pertama. Itu dilarang," kata Jumeri dalam diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

Jumeri meminta masa awal belajar tatap muka terbatas nanti satuan pendidikan harus menitikberatkan pembelajaran pada perbaikan kondisi psikologi dan sosial peserta didik. Pasalnya, selama pandemi Covid-19 peserta didik mengalami kejenuhan dan tantangan baru dalam melakukan pembelajaran.

"Hari pertama masuk sekolah memperbaiki kondisi psikologis sosial anak. Agar semangat tumbuh kembali dan advokasi untuk hidup sehat dan mencegah penularan Covid-19," jelasnya.

Jumeri menyatakan keputusan menggelar belajar tatap muka terbatas ini didasari atas kegagalan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dia mengungkapkan belajar tatap muka merupakan jalan tengah atas kondisi pendidikan hari ini. Pasalnya, selain terancam kehilangan kesempatan belajar, kesenjangan antara siswa yang memiliki akses belajar jarak jauh dan yang tidak akan memperparah dunia pendidikan.

"Apa kita biarkan terus? makanya opsi yang diambil (PTM) terbatas adalah jalan tengah," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini