Evakuasi Wilayah Terisolasi Terhambat Gegara Cuaca Buruk di NTT

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 08 April 2021 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 337 2391233 evakuasi-wilayah-terisolasi-terhambat-gegara-cuaca-buruk-di-ntt-Y9fKSGJRjg.jpg Kepala BNPB Doni Monardo (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini terus melakukan upaya penanganan bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, faktor cuaca buruk menjadi kendala utama untuk menjangkau wilayah yang terisolasi. Sehingga menghambat proses evakuasi dan penyaluran bantuan.

“Untuk wilayah yang terisolasi, tadi sudah saya sampaikan bahwa faktor utama dalam menjangkau wilayah yang terisolasi ini adalah faktor cuaca,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Baca juga:  Penampakan Bendung Kambaniru Jebol Akibatkan Banjir Parah di Sumba Timur

Bahkan, sejumlah helikopter juga telah dikerahkan untuk proses evakuasi korban dan pengiriman logistik. Namun, hal ini terkendala cuaca buruk.

“Kita sudah mengerahkan helikopter, tapi kalau cuacanya tidak memungkinkan sampai nanti mengatasi bencana, menimbulkan bencana baru. Jadi ini harus menjadi pedoman kita masalah keselamatan,” ungkap Doni.

Baca juga:  Mensos Risma Khawatir Banyak Daerah di NTT Belum Tersentuh Bantuan Makanan

Doni pun menegaskan, bahwa proses penanganan pemberian bantuan secepat mungkin, namun faktor cuaca buruk tidak bisa dilawan.

“Dan kita semuanya berusaha semaksimal mungkin untuk secepat mungkin memberikan bantuan kepada daerah yang terisolir. Tetapi harus dipahami cuaca tidak bisa dilawan. Jadi, faktor ini harus menjadi perhatian kita semua,” tuturnya.

Selain lewat udara, opsi darat juga dilakukan untuk menyentuh wilayah yang belum tersentuh bantuan.

“Kemudian juga kita harus optimalkan dari opsi lainnya yaitu lewat darat. Dan di Malaka, sepengetahuan saya ini unsur Polri, dari jajaran Brimob, dari jajaran TNI yang ada di sana, itu juga sudah berusaha untuk bisa menjangkau seluruh kawasan yang belum tersentuh,” kata Doni.

Doni pun meminta agar masyarakat yang di lokasinya belum tersentuh bantuan, diharapkan segera melaporkan langsung.

“Nah kalau ada, saya ulangi lagi, kalau ada data yang akurat tentang dimana lokasinya, tolong disampaikan secara langsung. Supaya kami pun bisa dengan mudah untuk memberikan bantuan ke sasaran. Sehingga tidak ada masyarakat kita yang tidak mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini