Penyekatan Besar-besaran, Menhub Imbau Warga Tak Mudik

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 07 April 2021 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 337 2390969 penyekatan-besar-besaran-menhub-imbau-warga-tak-mudik-rOZInQHmmr.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat tidak mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pasalnya, pemerintah bersama Polri akan melakukan penyekatan besar-besaran di lebih dari 300 titik.

"Kalau berkaitan dengan darat, kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik, dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi," kata Budi saat jumpa pers di Kantor Presiden, Rabu (7/4/2021).

Baca juga:  Halau Pemudik 2021, Korlantas Siapkan 333 Titik Posko Penyekatan

Budi menyarankan masyarakat untuk tetap di rumah masing-masing pada Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami menyarankan agar bapak ibu tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah," tandasnya.

Baca juga:  Fahira Idris Dukung Kebijakan Pemerintah Soal Larangan Mudik

Budi memastikan, aparat penegak hukum akan menindak tegas bila ada mobil pribadi berplat hitam maupun truk yang memberangkatkan masyarakat mudik.

Lalu untuk moda transportasi laut, pemerintah hanya membuka layanan secara terbatas bagi mereka yang dikecualikan diperbolehkan bepergian.

"Bagi daerah-daerah yang memang secara khusus banyak melakukan mudik seperti di Riau, dari Kalimantan ke Jawa dan di Jatim, saya mengimbau bahwa tidak melakukan mudik," ucap Budi.

Lalu pada moda kereta api, pemerintah akan melakukan pengurangan supply dengan hanya memberikan kereta luar biasa dan secara khusus bagi aglomerasi yang terdapat suatu pergerakan. Secara umum akan ada pembatasan.

"Sesuai arahan bapak presiden, kita tegas melarang mudik dan kami juga mengimbau agar yang berkeinginan mudik untuk tinggal di rumah saja," tutupnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini