BNPB: Penanganan Bencana NTT Sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 07 April 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 337 2390696 bnpb-penanganan-bencana-ntt-sesuai-dengan-protokol-kesehatan-covid-19-jF7psOzTeo.jpg Bencana banjir bandang di NTT (foto: ist)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menekankan, bahwa penanganan darurat bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT), harus sesuai dengan protokol kesehatan. Pasalnya, pandemi Covid-19 saat ini masih belum usai.

“Sesuai arahan bapak Kepala BNPB protokol kesehatan tetap dilakukan. Makanya kami juga mendukung alat-alat dan dengan Kementerian Kesehatan dan dukungan dengan alat rapid tes antigen, dan juga masker ini menjadi penting,” tegas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021).

Baca juga:  Cari Korban Bencana NTT, BNPB Kerahkan Anjing Pelacak

Selain itu, Raditya mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa evakuasi korban terdampak harus cepat.

“Sesuai dengan arahan pak Presiden adalah bagaimana melakukan evakuasi secara cepat dan bisa memberikan pertolongan. Dan tentunya ini dukungan dari Basarnas dan TNI Polri menjadi penting untuk segera dilakukan evakuasi terutama di wilayah-wilayah yang sementara ini kesulitan dalam hal melakukan evakuasi,” katanya.

Baca juga:  BNPB: Penetapan Status Bencana Banjir Bandang NTT Ditentukan per Wilayah

Kemudian yang kedua, kata Raditya, penanganan darurat lainnya adalah bagi para penyintas dan para pengungsi yang memang harus segera mendapatkan dukungan, bantuan logistik, kebutuhan dasar.

Selain itu, Raditya juga mengatakan bahwa masalah infrastruktur yang harus segera diperbaiki.

“Termasuk juga sebetulnya perlu kita perhatikan negara kepulauan kita, khususnya di NTT ini terdiri dari pulau-pulau kecil dan aksesibilitas menjadi tantangan bagaimana dalam hal penyaluran logistik dan bantuan harus dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat,” jelasnya.

“Makanya ini kami juga sudah melakukan koordinasi dengan bapak Kepala BNPB dan Gubernur dan beberapa Kepala Daerah yang terdampak untuk memberikan apa yang dilakukan segera dalam waktu dekat ini,” ungkap Raditya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini