Vaksinasi MUI Pakai AstraZeneca, Wapres: Masyarakat Tak Perlu Ragu

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 07 April 2021 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 337 2390665 vaksinasi-mui-pakai-astrazeneca-wapres-masyarakat-tak-perlu-ragu-Xe2ZsWarMv.jpeg Wapres Maruf Amin (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meninjau vaksinasi Covid-19 di Kantor MUI Pusat yang menggunakan vaksin AstraZeneca. Dia berharap bahwa vaksinasi ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin AstraZeneca bisa digunakan.

Seperti diketahui sebelumnya penggunaan vaksin AstraZeneca menjadi perbincangan hangat karena terdapat kandungan yang tidak halal.

“Untuk memberikan pengertian pemahaman kepada masyarakat maka Majelis Ulama Pusat hari ini melakukan yaitu vaksinasi dengan menggunakan vaksin AstraZeneca supaya tidak ada keraguan. Jadi masyarakat tidak perlu ragu menggunakannya dari segi kebolehannya menurut pandangan keagamaan oleh MUI,” katanya di Kantor MUI Pusat, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi MUI, Wapres: Ini Istimewa karena Pakai AstraZeneca

Maruf mengatakan bahwa vaksinasi ini mungkin akan terus dilanjutkan ke MUI di daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. Apalagi, menurutnya, kiai-kiai di Jawa Timur pun sudah menggunakan AstraZeneca untuk vaksinasi.

Baca juga: Cegah Terorisme, Wapres: Tolak Segala Bentuk Kekerasan Atas Nama Agama

“Mudah-mudahan vaksinasi menggunakan AstraZeneca oleh MUI pusat hari ini akan menjadi semacam pendorong, memberikan kepercayaan dalam rangka mempercepat vaksinasi supaya kita bisa mencapai kekebalan kelompok,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa bagi MUI vaksinasi sudah menjadi kewajiban atau fardhu kifayah. Pasalnya Herd immunity atau kekebalan baru bisa dicapai jika 70% atau 181 juta masyarakat Indonesia sudah divaksin.

“Karena itu hukumnya wajib sebelum tercapainya, tervaksinnya 181,5 juta penduduk Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada wapres karena sudah meyakinkan umat Muslim di Indonesia bahwa AstraZeneca ini aman.

Dia berharap setelah adanya penyuntikan di MUI dapat membuat pelaksanaan vaksinasi yang menggunakan AstraZeneca di seluruh tanah air berjalan lancar.

“Saya percaya mudah-mudahan sesudah adanya penyuntikan AstraZeneca di MUI ini, penyuntikan AstraZeneca di seluruh Indonesia, di seluruh pelosok nusantara ini dan di seluruh orang-orang yang beragama muslim di Indonesia bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini