Ginandjar Kartasasmita: Indonesia Berhasil Lakukan Transisi dari Sistem Otoriter ke Demokrasi

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 April 2021 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 337 2390391 ginandjar-kartasasmita-indonesia-berhasil-lakukan-transisi-dari-sistem-otoriter-ke-demokrasi-Emyb37PgXN.jpg foto: ist

JAKARTA - Politikus senior Partai Golkar Ginandjar Kartasasmita menyebut bahwa investasi sumber daya manusia untuk pembangunan Indonesia sangat penting.

(Baca juga: Bencana di NTT: Gubernur Viktor Laiskodat Nyaris Celaka Diterjang Angin Kencang)

Demikian disampaikannya saat Executive Education Program For Young Political Leaders (Progam Pendidikan Eksekutif Untuk Pemimpin Muda), di Kampus Golkar Institute, Komplek Kantor DPP Partai Golkar.

"Investasi SDM sama pentingnya dengan investasi prasarana ekonomi,"ujar Ginandjar, Selasa (6/4/2021)

Menurutnya, materi Pembangunan Indonesia mengungkapkan bahwa banyak kemajuan telah dicapai Indonesia. Bahkan saat ini, keberhasilan Indonesia telah mendapat pengakuan dunia internasional.

(Baca juga: Panglima TNI Resmikan Kapal Selam Canggih Buatan Anak Negeri KRI Alugoro-405)

"Indonesia adalah negara yang berhasil melakukan transisi dari sistem otoriter ke demokrasi. Tanpa konflik horizontal yang berarti", katanya.

Namun demikian, capaian keberhasilan Indonesia bukan tanpa masalah. Masalah inilah yang harus segera diatasi Indonesia.

"Demokrasi membentuk oligarki baru. Kekuasaan tidak dipandang sebagai amanat, tetapi untuk dinikmati, melanggengkan kekuasaan", lanjutnya.

Oleh karena itu dia berharap, kepada kader-kader muda Golkar bahwa strategi menghadapi kesenjangan ekonomi salah satunya adalah dengan pemberdayaan masyarakat. "Dalam upaya mengatasi tantangan itu, diletakkan strategi pemberdayaan masyarakat,"pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini