Bencana di NTT, Pesawat Kargo hingga Dapur Umum Sudah Siaga

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 06 April 2021 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 337 2390268 bencana-di-ntt-pesawat-kargo-hingga-dapur-umum-sudah-siaga-yg9s8J4R3I.jpg Kepala BNPB Doni Monardo (foto: Dok BNPB)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan dapur umum telah didirikan di hampir semua titik pengungsian warga, terdampak banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kami sampaikan tim gabungan dari Kemensos dan juga TNI-Polri telah membangun dapur lapangan, di hampir semua titik sehingga diharapkan tidak ada masyarakat yang tidak mendapat pasokan logistik," kata Doni dilihat pada YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/4/2021).

 Baca juga: Presiden Jokowi Dikabarkan Akan Sambangi Korban Banjir Bandang di Flores Timur

Selain itu, BNPB juga sudah menyiapkan sejumlah helikopter dan satu pesawat kargo untuk mempercepat proses penyaluran logistik di titik-titik yang belum dapat diakses melalui jalur darat.

"BNPB sudah siapkan helikopter, pagi ini sudah tiba dua unit, dan mungkin akan tiba di Kupang, dua lagi akan menyusul, heli-heli ini akan digunakan di Lembata, di Larantuka, di Adonara, dan untuk membantu mobilisasi logistik dari Kupang ke Malaka ke Alor," tuturnya.

Baca juga:  Doni Monardo: Daerah Terdampak Bencana Paling Parah di Adonara dan Lembata

"Kemudan BNPB menyiagakan satu pesawat kargo di Kupang yang bisa bantu mendistribusi logitik baik ke daerah Alor, ke Lembata dan juga kawasan lainnya yang membutuhkan," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, data terkini korban tewas akibat siklon tropis seroja di NTT berjumlah 81 orang. Sedangkan 103 lainnya hilang dan masih dicari oleh tim SAR. Angka ini bersifat dinamis seiring dengan temuan-temuan yang ada di lapangan.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini