Sebelum Wafat, Abuya Uci Turtusi Berencana Ingin Tutup Sementara Pengajian

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 06 April 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 337 2390194 sebelum-wafat-abuya-uci-turtusi-berencana-ingin-tutup-sementara-pengajian-wCkanZks1J.jpg Abuya Uci Turtusi semasa hidup (foto: instagram)

TANGERANG - Wafatnya pimpinan Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Abuya Uci Turtusi atau yang biasa dikenal dengan Abah Uci Cilongok pada Selasa (6/4/2021), membuat banyak pihak terkejut. Pasalnya, ulama besar di Tangerang itu wafat secara tiba-tiba, bahkan tanpa ada kabar sakit.

Salah satu jamaah pengajian Abah Uci, Suhendi mengatakan Abah Uci telah membuat pengumuman bahwa pengajian mingguan akan berakhir pada pekan depan. Adapun pengajian rutin itu ditutup sementara waktu selama bulan Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Pengajian Minggu kemarin Abah Uci bilang, hari Minggu depan penutupan (pengajian). Memang tiap tahun selama bulan puasa, pengajian hari Minggu libur dulu. Gak nyangka, pengajian kemarin justru yang terakhir," ujar Suhendi.

Baca juga:  Mengenal Sosok Abuya Uci, Ulama Kharismatik Sahabat Gus Dur

Pengajian rutin yang digelar setiap hari Minggu di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang itu memang kerap dibanjiri oleh jamaah. Salah satu alasannya adalah cara menjelaskan Abah Uci yang mudah dimengerti, membuat banyak orang betah menimba ilmu agama pada Abah Uci.

"Saya rutin tiap hari Minggu ke sini, dan selalu ramai. Memang penjelasan Abah Uci gampang dipahami, dan juga selalu diselipkan kisah-kisah inspiratif," jelasnya.

Baca juga: Ulama Tangerang Abuya Uci Meninggal Dunia karena Sakit

Sementara itu, Bupati Tangerang, Zaki Iskandar lewat akun Instagram resminya turut menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Abuya Uci Turtusi.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tangerang, turut berdukacita atas wafatnya guru besar kami Abuya Uci Turtusi, semoga ibadah dan amal baik almarhum diterima dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," tulis Zaki di akun Instagram nya.

Jenazah Abah Uci saat ini sudah dimakamkan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah. Meski prosesi pemakaman sudah berakhir beberapa jam yang lalu, namun hingga saat ini masih banyak jamaah yang memadati lingkungan pesantren untuk salat gaib.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini