Jokowi Minta Percepat Pembukaan Akses Jalur Laut & Udara di NTT-NTB

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 06 April 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 337 2390068 jokowi-minta-percepat-pembukaan-akses-jalur-laut-udara-di-ntt-ntb-NbhJl4NkUo.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya mempercepat pembukaan akses jalur laut dan udara menuju lokasi bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Pembukaan kedua jalur itu diperlukan bila jalur darat masih sulit ditembus.

"Jika jalur darat masih sulit ditembus saya minta juga diperepat pembukaan akses melalui laut dan udara," katanya saat menggelar rapat terbatas virtual, Selasa (6/4/2021).

Kepala Negara juga meminta jajarannya mempercepat proses evakuasi, pencarian dan penyelamatan terhadap korban yang belum ditemukan. Caranya ialah dengan menambah personel pencarian dan pertolongan (SAR).

Baca juga: Jokowi Sebut Bantuan Belum Bisa Masuk ke Lokasi Bencana NTT-NTB karena Cuaca Ekstrem

Sejurus dengan itu, pengerahan alat berat harus segera dilakukan untuk mempercepat proses penanganan bencana di sana. Jokowi juga ingin pelayanan kesehatan diperbanyak di lokasi bencana. Lalu, pendataan di pengungsian harus dilakukan terkait kebutuhan warga.

Baca juga: Jokowi: BMKG Harus Gencarkan Peringatan Cuaca Ekstrem Siklon Tropis Seroja

"Untuk penuhi kebutuhan dasar para pengungsi juga kebutuhan untuk bayi dan anak-anak terutama air bersih dan MCK-nya," tukas dia.

Jokowi juga memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat diterjang banjir bandang dan longsor. Kemudian, BMKG pun harus menggencarkan peringatan cuaca ekstrem akibat siklon tropis seroja ini.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini