Wapres: Tetap Ketat Terapkan Protokol Kesehatan saat Ibadah Ramadhan

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 06 April 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 337 2390058 wapres-tetap-ketat-terapkan-protokol-kesehatan-saat-ibadah-ramadhan-DhBKOTAlxU.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : Setwapres)

JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan untuk memperbolehkan ibadah salat tarawih saat bulan Ramadhan mendatang. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengingatkan agar masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

“Tidak lama lagi umat Muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Ini berarti tahun kedua kita menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi. Pemerintah selalu menghimbau agar semua masyarakat dalam setiap aktivitas tetap ketat menerapkan protokol kesehatan termasuk saat beribadah,” katanya dalam Forum Indonesia Bangkit, Selasa (6/4/2021).

Selain itu Maruf juga mengingatkan agar masyarakat patuh terhadap kebijakan pelarangan mudik. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus covid-19.

“Saya menghimbau, mari kita bersama-sama untuk mematuhi kebijakan ini, guna menghentikan penularan virus dengan tetap disiplin dalam protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga : Cegah Terorisme, Wapres: Tolak Segala Bentuk Kekerasan Atas Nama Agama

Lebih lanjut berkaitan dengan vaksinasi covid-19, dia mengatakan akan tetap dilaksanakan. Dimana Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menerbitkan fatwa terkait pelaksanaan vaksinasi di bulan puasa.

“Vaksinasi tetap bisa dilakukan dan tidak membatalkan puasa. Namun jika fisik kurang mendukung karena sedang berpuasa, maka vaksinasi juga dapat dilaksanakan di malam hari setelah berbuka. Besar harapan kita, program vaksinasi ini berjalan lancar dan tepat waktu sehingga Indonesia segera mencapai kekebalan komunal,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini