Ketika Kapolri Kerahkan Seluruh Kekuatan Memastikan Kegiatan Ibadah Warga Aman

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 05 April 2021 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 337 2389364 ketika-kapolri-kerahkan-seluruh-kekuatan-memastikan-kegiatan-ibadah-warga-aman-tymkcLqLBx.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit (foto: Sindo)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun langsung ke lapangan guna memastikan kegiatan Ibadah masyarakat, mulai dari Jumat Agung atau Wafatnya Isa Almasih hingga perayaan Paskah, berjalan dengan aman dan damai.

Saat meninjau beberapa gereja di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sigit memastikan bahwa telah dikerahkan seluruh kekuatan dan personel TNI-Polri demi memberikan rasa aman dari ancaman teror, bagi warga yang menjalankan ibadah.

"Kami TNI-Polri dan organisasi masyarakat siap melaksanakan pengamanan Misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah. Diharapkan seluruh masyarakat dapat melaksanakan kegiatan ibadah dengan tenang," kata Sigit di Gereja Katedral 'Hati Tersuci Maria' Manado Indonesia, Sulut, Kamis 1 April 2021.

Baca juga:  Kapolri Mutasi 50 Pamen dan Pati, Salah Satunya Komjen Petrus Golose

Sigit beserta rombongan pergi ke Sulut sehari pasca-aksi serangan seorang perempuan ke Mabes Polri. Tak hanya ke Sulut, Ia dan jajaran juga mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan DKI Jakarta. Semua itu demi memberikan kepastian masyarakat untuk beribadah dengan rasa tenang.

Belakangan memang terjadi aksi teroris di beberapa wilayah Indonesia. Misalnya seperti aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Tetapi, Sigit menekankan, masyarakat tidak perlu merasa takut atas beberapa rangkaian peristiwa tersebut.

Baca juga:  Ridwan Kamil Tetapkan Jabar Siaga 1 Aksi Terorisme

Pasalnya, kata Sigit, pasca-kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung bergerak untuk menangkap pelaku-pelaku teror yang mencoba memberikan rasa teror.

"Di Mabes Polri tersangkanya sudah dilumpuhkan dan tidak mengganggu operasional dari Mabes Polri. Memastikan jalannya Misa lancar dan tidak terpengaruh bom di Makassar," ujar eks Kapolda Banten itu.

Setelah rangkain kunjungan ke tiga provinsi, Sigit langsung melakukan Road Show ke sejumlah Gereja yang ada di DKI Jakarta saat malam Paskah.

"Untuk kegiatan yang dipantau di wilayah DKI Jakarta sebanyak 7 tempat yang seluruhnya diberikan pengamanan oleh TNI dan Polri," kata Sigit malam tadi.

Sejurus kemudian, Sigit memastikan, dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari peninjauan Kamis Putih di Manado kemudian Jumat Agung yang ada di NTT serta dilaksanakan pengecekan di Gereja di Jakarta, semua kegiatan ibadah berjalan aman dan tanpa gangguan teror.

"Seluruhnya berjalan dengan baik tidak ada aktivitas dari kegiatan Gereja yang terganggu peristiwa yang terjadi di Makassar," tutur mantan Kabareskrim Polri itu.

Tak hanya memberikan kepastian keamanan beribadah, Sigit juga melakukan pengecekan soal keberlangsungan program vaksinasi Covid-19 skala nasional yang dicanangkan Pemerintah demi memutus mata rantai virus corona.

Di NTT, Sigit juga melihat langsung proses donor darah plasma konvalesen yang dilakukan oleh personel kepolisian. “Saat ini untuk anggota di Polda NTT sudah mendapatkan vaksin sebanyak 70 persen,” ucap Sigit.

Adapun vaksinasi yang dilakukan di Mapolda Nusa Tenggara Timur mendapat kuota 200 ribu dosis vaksin, hingga saat ini sudah 150 ribu dosis vaksin telah diberikan kepada orang-orang yang telah ditentukan dalam program vaksinasi nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini