Tes GeNose Berlaku 1x24 Jam, PT KAI Imbau Penumpang Atur Jarak Waktu Pemberangkatan

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Sabtu 03 April 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 337 2388798 tes-genose-berlaku-1x24-jam-pt-kai-imbau-penumpang-atur-jarak-waktu-pemberangkatan-HVnTEjrUBf.JPG Tes GeNose.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 1 April 2021 lalu, membatasi masa berlaku hasil tes Corona GeNose menjadi 1x24 jam yang sebelumnya berlaku 3x24 jam.

Kahumas Daop 1, Eva Chairunisa, mewanti-wanti agar calon penumpang tidak melakukan tes di waktu berdekatan dengan keberangkatan.

"Mohon kepada calon pengguna dapat mengatur waktu keberangkatannya dengan baik. Misalnya berangkat pagi hari, silakan tes H-1 sebelumnya. Berangkat di siang, tes paginya, dan seterusnya," kata Eva di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (3/4/2021).

Eva menyatakan, kerap kali kasus penumpang ketinggalan kereta karena melakukan tes terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.

Baca Juga: Begini Tahapan Tes GeNose untuk Penumpang Pesawat

Tak hanya itu, tes yang mepet berisiko menimbulkan antrean panjang dalam proses Boarding. Rawan pula melanggar protokol kesehatan menjaga jarak karena terjadi penumpukkan.

Baca Juga: Hari Ini GeNose Diterapkan di 4 Bandara, Menhub: Lakukan dengan Teliti!

"Boarding padahal sudah dibuka 1 jam sebelumnya, karena mereka pas datang ke stasiun belum memiliki berkas tes pemeriksaan deteksi covid, padahal KA nya akan berangkat 1 jam lagi bahkan ada yg 30 menit sebelumnya," terang Eva.

Pembatasan masa berlaku tes GeNose ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Selain itu, masyarakat juga tidak boleh merokok, makan, minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Setelah itu, hasil tes ini nantinya bisa digunakan untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh. Pelayanan ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini