Kasus Covid-19 Menurun, Satgas: Kita Harus Lewati Rintangan Paskah & Lebaran

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 01 April 2021 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 337 2388101 kasus-covid-19-menurun-satgas-kita-harus-lewati-rintangan-paskah-lebaran-8BR2VuQQ1S.jpg Wiku Adisasmito (Foto: Dok BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa angka testing Covid-19 akhir-akhir ini sudah cukup baik. Di mana di saat yang sama jumlah kasus positif yang terdeteksi juga tengah menurun.

“Artinya, penularan Covid-19 di tengah masyarakat yang cukup rendah disebabkan oleh menurunnya laju penularan dan bukan karena upaya penjaringan kasusnya yang rendah. Ini adalah sebuah kabar baik yang harus disikapi dengan bijaksana,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (1/4/2021).

Dia mengatakan di tengah badai peningkatan Covid-19 di dunia, Indonesia malah mampu bertahan selama dua bulan terakhir dengan jumlah kasus yang tidak meningkat. Namun dia mengingatkan masih ada rintangan untuk terus mempertahankan kondisi tersebut.

Baca juga: Satgas Covid-19 Imbau Perayaan Paskah Sesuai Protokol Kesehatan

“Tapi ingat, kita harus melewati dua rintangan dalam waktu dekat yaitu liburan Paskah dan Idul Fitri,” ungkapnya.

Baca juga: Tak Bisa Tunjukan Hasil Rapid Antigen, Ratusan Kendaraan Menuju Puncak Diputar Balik

Wiku mengatakan, satu-satunya cara untuk sukses melewati rintangan ini adalah kemampuan mengendalikan diri untuk tidak bepergian dan berkumpul. Meskipun memang hal tersebut merupakan tradisi Indonesia.

“Ingat untuk mencapai titik ini tidak sedikit nyawa yang berguguran, waktu yang termakan serta harta yang dihabiskan. Oleh karena itu mari kita jaga hasil kerja keras kita ini dengan tidak terlena. Malah sebaliknya menguatkan tekad kita bersama untuk lebih disiplin menjalankan prokes 3M maupun menjalankan upaya 3T dan vaksinasi semaksimal mungkin,” pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini