Cegah Terorisme, DPR Tekankan Pentingnya Peran Ulama

Kiswondari, Sindonews · Kamis 01 April 2021 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 337 2388064 cegah-terorisme-dpr-tekankan-pentingnya-peran-ulama-UtkaxGj6mo.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA – Komisi III DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) ke Mapolda Sulawesi Selatan di Makassar, Sulawesi Selatan pasca-aksi terorisme berupa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni.

Sahroni menegaskan, diperlukan peran serta dari ulama dan pemuka agama demi meredam penyebaran ajaran radikal di masyarakat. Ini sangat penting, mengingat para terduga teroris kerap mengikuti berbagai kajian-kajian yang disampaikan oleh para pemuka agama.

“Kalau kita lihat dari surat wasiat para pelaku bom bunuh diri, bisa dilihat isinya sarat ajaran agama yang tentunya mereka dapatkan dari pemuka agama yang mereka ikuti. Karenanya saya melihat di sini peran alim ulama sangat dibutuhkan untuk membantu meluruskan pemahaman yang salah tentang agama,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:  Polri Pastikan Senjata Penyerang Mabes Polri Jenis Airgun

Politikus Partai Nasdem ini menjelaskan, bahwa optimalisasi peran ulama ini sangat penting untuk dilakukan oleh Polri maupun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), karena mereka biasanya memiliki sentuhan emosional yang kuat pada para pengikutnya.

“Para teroris ini biasanya sangat nurut dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh ulamanya. Mereka nurut kalau ustadz-nya yang ngomong, makanya para ulama ini juga harus dilibatkan oleh BNPT dan Kepolisian dalam upaya memberantas paham terorisme ini,” papar Sahroni.

Baca Juga: Pelaku Teror Berusia Muda, Ketua DPR: Sangat Mengkhawatirkan & Menyedihkan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini