Survei Polmatrix: Mayoritas Publik Puas terhadap Kepemimpinan Presiden Jokowi

Bima Setiyadi, Koran SI · Kamis 01 April 2021 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 337 2387936 survei-polmatrix-mayoritas-publik-puas-terhadap-kepemimpinan-presiden-jokowi-bUU95pZdGg.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga survei Polmatrix Indonesia merilis hasil survei kepuasaan publik terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 70 persen publik percaya Indonesia melangkah maju dipimpin Jokowi yang kini memasuki periode kedua pemerintahan. 

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto mengatakan, sudah setahun lamanya pandemi Covid-19 melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia. Kurva kasus positif sudah mulai bergerak turun, sementara laju vaksinasi terus meningkat. Seiring dengan itu optimisme publik untuk pemulihan ekonomi tampak kian berkembang.

Baca Juga: Survei Indometer: 70% Publik Tetap Puas dengan Kinerja Jokowi

Temuan survei yang dilakukan Polmatrix Indonesia menunjukkan kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi mencapai 70 persen lebih, tepatnya 71,8 persen. “Dengan tingkat kepuasan publik lebih dari 70 persen, publik percaya bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju dipimpin Presiden Jokowi," kata Didik melalui siaran tertulisnya di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Dalam periode pertama pemerintahan, Jokowi telah meletakkan pondasi bagi gerak laju pembangunan. Gencarnya pembangunan infrastruktur memberi kemudahan dan kelancaran untuk mobilitas manusia dan barang.

Selama bertahun-tahun kendala infrastruktur dan kerumitan birokrasi menempatkan Indonesia pada posisi bawah dalam kemudahan berusaha dan berinvestasi. Kini, pemerintah juga telah menelurkan UU Cipta Kerja guna memangkas berbagai hambatan tersebut.

Selain itu, diluncurkan pula Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) sebagai strategi untuk menarik masuk investasi besar. Berbagai jurus yang ada diharapkan bisa menggenjot kemajuan Indonesia usai pandemi Covid-19.

Baca Juga: Survei Indikator Politik Indonesia : TNI Paling Dipercaya, Parpol Terendah

Sementara itu masih ada ketidakpuasan sebesar 24,2 persen dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 4,0 persen. “Masih ada yang skeptis terhadap pemerintah, ataupun mereka yang belum siap untuk bergerak maju,” pungkas Dendik.

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 20-25 Maret 2021 kepada 2.000 orang responden mewakili 34 provinsi. Survei dilakukan melalui telepon terhadap responden survei sejak 2019 yang dipilih acak. Margin of error survei sebesar ±2,2 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini