CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan di Pulau Laki Kepulauan Seribu di Kedalaman Lumpur 1 Meter

Yohannes Tobing, Sindonews · Rabu 31 Maret 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 337 2387099 cvr-pesawat-sriwijaya-air-sj-182-ditemukan-di-pulau-laki-kepulauan-seribu-di-kedalaman-lumpur-1-meter-NYJ5FW4gqs.jpg Menhub Budi Karya Sumadi saat jumpa pers penemuan CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-128.(Foto:SINDOnew)s

JAKARTA - Tim Satuan Petugas (Satgas) Gabungan Pencarian dan Pertolongan (SAR) berhasil menemukan CVR atau Cockpit Voice Recorder pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Senin (30/3/2021) malam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penemuan CVR ini tidak jauh dari titik lokasi jatuhnya pesawat di Pulau Laki, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Pencarian kita lakukan dengan sistematis, Alhamdullilah sekitar pukul 20.00 WIB ditemukan di tempat yang tidak jauh ditemukannya FDR," ujar Budi di Dermaga II JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (31/3/2021).

Setelah di temukan, Budi menuturkan, secara teknis pihaknya langsung melaporkan hal ini kepada presiden tentang pencarian yang dilakukan secara intensif dan langsung berkordinasi dengan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi.

Baca Juga: Ternyata Tuas Pengatur Mesin Sriwijaya Air SJ-182 Sempat Bermasalah

"Harapan kami KNKT bisa melakukan suatu penelitian yang detail apa yang ditemukan dalam FDR ini. Kita ucapkan selamat dan terimakasih kepada teman teman di lapangan," tuturnya.

Baca Juga: Besok, Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-18 Diungkap

Sementara itu, Ketua KNKT Soerjanto Cahyono mengatakan tanpa ditemukannya CVR pesawat maka pihaknya akan sulit menyelidiki apa penyebab jatuhnya pesawat.

"Kami sangat sulit tanpa CVR untuk mengetahui apa penyebab jatuhnya. Untuk itu kita serius melakukan investigasi, untuk membuka apa penyabab sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari," Ucap Soerjanto.

Adapun dari pantauan di lokasi, VCR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dibawa oleh Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai KN Lugara dari titik penemuan hingga ke pelabuhan Tanjung Priok.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini