4 Tangki Masih Terbakar, Kilang Pertamina Balongan Diisolasi

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 30 Maret 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 337 2386599 4-tangki-masih-terbakar-kilang-pertamina-balongan-diisolasi-9JE02nTH0y.jpg Kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan (Foto : Okezone.com/Fathnur)

JAKARTA - Polri menyatakan sampai saat ini empat tangki di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, masih terbakar.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, demi mencegah kebakaran tersebut menjalar ke tangki lainnya, petugas melakukan isolasi di sekitar lokasi yang masih terbakar.

"Tadi pagi telah disampaikan sampai tadi pagi, empat tangki penampungan masih menyala dan kini sudah dalam keadaan diisolasi sehingga dimungkinkan tidak akan menjalar ke tangki lainnya," kata Ahmad dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/3/2021).

Ahmad menyebut, polisi dan pihak terkait lainnya sampai kini masih terus berupaya memadamkan amuk si jago merah. Tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) juga sudah dikerahkan ke lokasi tersebut.

"Saya ulangi, upaya pemadaman masih terus berlangsung dengan mendatangkan tim HSSE, dari unit kilang terdekat. Serta badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Indramayu," ujar Ahmad.

Selain itu, polisi juga bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Indramayu untuk membantu penyediaan berbagai keperluan warga pengungsian seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan bayi, serta fasilitas umum lainnya.

Baca Juga : Usai Musibah Kebakaran Kilang Minyak, Kini Pemukiman Warga Indramayu Kebanjiran

"Kemudian warga yang diungsikan di komplek perumahan Bumi Patra, sebanyak 339 orang dengan tetap memastikan warga menjalankan protokol kesehatan," ucap Ahmad.

Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, meledak dan terbakar hebat sejak Senin 29 Maret 2021 dini hari.

Jumlah korban jiwa yang terdampak dari peristiwa itu ada 6 orang luka berat dan 29 orang luka ringan. Sementara itu 1 orang dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung saat terjadi ledakan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini