Bomber Makassar Berafiliasi JAD, Polisi: Markas Mereka di Villa Mutiara

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 30 Maret 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 337 2386583 mabes-polri-9-teroris-yang-terlibat-bom-makassar-berafiliasi-dengan-jad-fTQf5W2Xo9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sejauh ini sudah menangkap sembilan orang teroris yang terlibat langsung dalam peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua di antaranya L dan YSF, meninggal karena menjadi pengantin bom tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan sementara Densus 88, sembilan orang tersebut berafiliasi langsung dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Kemudian, terkait dengan tersangka teroris yang telah diamankan di Makassar mereka merupakan kelompok atau terafiliasi langsung dengan jaringan JAD," kata Ahmad dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Pria yang Ditangkap Densus 88 di Ciputat Diduga Terkait Pembuatan Bahan Peledak

Ahmad mengungkapkan, para terduga teroris terkait langsung dengan kelompok yang sebelumnya ditangkap oleh Detasemen berlambang burung hantu di Makassar yang merupakan kajian di Vila Mutiara.

Baca juga: Said Aqil: Bukan PKI Bahaya Laten Kita, tapi Terorisme & Radikalisme

"Yang sama persis pos mereka atau markas mereka di Villa Mutiara ditangkap pada tanggal 6 Januari 2021 yang lalu," ujar Ahmad.

Adapun ke-sembilan terduga teroris yang terlibat langsung dengan bom bunuh diri di Katedral, Makassar adalah, L, YSF, AS, SAS, MR, AA, MM, M dan MAM.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini