Peristiwa 30 Maret : Penggunaan Obat Bius Perdana hingga Chrisye Meninggal Dunia

Tim Okezone, Okezone · Selasa 30 Maret 2021 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 337 2386227 peristiwa-30-maret-penggunaan-obat-bius-perdana-hingga-chrisye-meninggal-dunia-dNO6bICozA.jpeg Chrisye. (Foto : Instagram)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa terjadi pada 30 Maret di belahan dunia. Peristiwa tersebut kemudian menjadi bagian dari sejarah.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa menarik yang terjadi pada 30 Maret dari bersumber dari Wikipedia, seperti berikut ini :

1. Penggunaan Obat Bius Pertama Kali

30 Maret 1842 merupakan salah satu hari yang bersejarah bagi ilmu kedokteran. Itu karena pada 30 Maret 1842, obat bius pertama kalinya digunakan dalam operasi.

Dr Crawford Long menjadi dokter pertama yang menggunakan obat bius. Ia melakukan operasi dengan menggunakan obat bius dengan metode Ether. Hingga kini, obat bius menjadi salah satu cara yang digunakan oleh tenaga medis dalam ilmu kedokteran.

2. Amerika Beli Alaska dari Rusia

Alaska merupakan daerah pegunungan dengan perairan yang ditutupi oleh salju. Alaska dulunya merupakan daratan milik Rusia. Namun, pada 30 Maret 1867, Sekretaris Negara Amerika Serikat William H Seward membeli Alaska dari Rusia seharga 7,2 juta dolar Amerika.

Alaska kini menjadi salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Alaska kini merupakan negara bagian Amerika yang terbesar dan memiliki sumber daya alam yang terkaya. Alaska sendiri merupakan daerah Eksklave atau negara bagian yang tidak tersambung dengan daratan Amerika.

3. Pasukan Soviet Serbu Austria pada Perang Dunia II

Setiap tahunnya, pada 30 Maret 1945 merupakan peringatan untuk mengingat adanya salah satu goresan sejarah kelam yang terjadi pada Perang Dunia II.

Pada 30 Maret 1945, pasukan dari negara Uni Soviet melakukan serbuan di Austria. Bahkan, akibat serangan itu, Uni Soviet berhasil merebut Ibu Kota Austria Wina.

4. Musikus Chrisye Meninggal

Chrismansyah Rahadi atau lebih dikenal Chrisye adalah sosok penyanyi legendaris Indonesia. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada 30 Maret 2007.

30 Maret 2007 dunia permusikan Indonesia mengalami duka. Mengingat, Chrisye adalah salah satu sosok yang fenomenal sebagai penyanyi ataupun pencipta lagu di Indonesia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini