5 Bom Aktif yang Disita dari Teroris di Condet & Bekasi Bisa Dijadikan 70 Bom Pipa

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 29 Maret 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 337 2386118 5-bom-aktif-yang-disita-dari-teroris-di-condet-bekasi-bisa-dijadikan-70-bom-pipa-jk1VhSL4fB.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan lima bom toples dengan berat 3,5 Kilogram saat penangkapan teroris di Kabupaten Bekasi dan Condet, Jakarta Timur.

Fadil menjelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara, lima bom toples tersebut diketahui dapat dijadikan sebanyak 70 bom pipa.

"Dari temuan bahan peledak tersebut beserta bahan baku yang ada sesuai dengan perhitungan daripada tim bahwa TATP dari 5 bom toples dengan berat 3,5 kg, diperkirakan dapata membuat sekitar 70 bom pipa," kata Fadil dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/3/2021).

Menurut Fadil, karena temuan bom itu berdaya ledak tinggi atau High Explosive dan memiliki senyawa kimia mudah meledak, pihaknya langsung melakukan penjinakan dengan cara disposal.

Baca Juga : Densus 88 Temukan 5 Bom "The Mother of Satan" dari Terduga Teroris di Bekasi & Condet

"Tadi sudah didisposal, ukurannya dari pipa. itu kalau dirakit menjadi sebuah bom akan menjadi 70 kurang lebih, sekitar 70 buah bom pipa. Inilah efek daripada bom TATP yang berhasil dideteksi dan dicegah dari Densus 88 Satgas wilayah wilayah Polda Metro Jaya," ujar Fadil.

Adapun keempat terduga teroris yang ditangkap di Kabupaten Bekasi dan Condet adalah, ZA laki-laki (37), BS laki-laki (43), AJ laki-laki (46) dan HH laki-laki (56). Mereka memiliki peran yang berbeda-beda.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini