5 Bom Aktif Ditemukan di Rumah Terduga Teroris Bekasi dan Condet

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Senin 29 Maret 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 337 2386036 5-bom-aktif-ditemukan-di-rumah-terduga-teroris-bekasi-dan-condet-ZmuFcc5FMz.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Kapolri Listyo Sigit Prabowo memaparkan, pihaknya menemukan bom aktif saat menggeledah rumah terduga teroris di Condet, Jakarta Timur dan Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (29/3/2021).

"Kita temukan barang bukti, 5 bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan. 5 toples besar di dalamnya berisi aseton? H2O2, HCL, Sulfur, serta termometer yang bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak," ucapnya di ruang konferensi pers, Mapolda Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Pasutri Pelaku Bom Bunuh Diri Ternyata Dinikahkan oleh Pentolan JAD

Ia pun mengungkap identitas terduga teroris yang berhasil diamankan dalam operasi kali ini. Mereka terdiri dari 4 orang berinisial A, AA, AJ dan BS.

Kelompok terduga teroris ini, kata Listyo, bekerja sama dan membagi peran dalam merakit bahan-bahan tersebut. "Perannya masing-masing ada yang membeli bahan, ada yang mengajarkan, ada yang membuat alat," ungkap Listyo.

Sebelumnya, polisi menggerebek lokasi terduga teroris di Condet, Jakarta Timur dan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat. Dari Condet, polisi mengamankan dua orang terduga teroris, sementara dari Bekasi aparat menangkap seorang yang diduga sebagai penyuplai bahan peledak.

Baca Juga: Pelaku Bom Makassar Tulis Surat Wasiat untuk Orangtua, Apa Isinya?

Masih belum diketahui apakah jaringan teroris ini bersangkut paut dengan kejadian bom bunuh diri di Makassar atau tidak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini