Serangan Bom di Makassar, KSP: Jaringan Pelaku Diusut Tuntas dan Dihukum

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 29 Maret 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 337 2385770 serangan-bom-di-makassar-ksp-jaringan-pelaku-diusut-tuntas-dan-dihukum-oVkmUkdmta.jfif Lokasi bom bunuh diri di Gereja Katedral dijaga aparat kepolisian.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Pemerintah mengutuk keras keras serangan bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 28 Maret 2021. Tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan atas dalih dan alasan apapun.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan aparat penegak hukum untuk mengambil langkah yang diperlukan dalam rangka mengusut, menindak dan memulihkan situasi keamanan di sana.

"Pemerintah berupaya keras memastikan jaringan pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam aksi teror ini dapat diusut tuntas dan dihukum sesuai ketentuan," kata Dani-sapaan akrabnya, kepada Okezone, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Dari Karakteristik dan Model Aksi, Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar Kelompok JAD

Dani memastikan pemerintah memberikan perhatian kepada seluruh korban dan keluarganya terkait perawatan medis, perlindungan, dan pemulihan.

"Pemerintah melalui aparat penegak hukum memastikan tidak akan membiarkan individu atau kelompok mana pun yang terlibat dalam aksi serangan ini terbebas dari tuntutan hukum dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan agar serangan serupa tidak terjadi lagi atau meluas di tempat-tempat lain," tutur Dani.

Baca Juga: Kapolri Sebut "Pengantin" Gereja Katedral Makassar Pernah Ngebom di Jolo Filipina

Diberitakan sebelumnya, peristiwa bom bunuh diri terjadi di Kota Makassar. Bom meledak di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 28 Maret 2021 pukul 10.20 WITA.

Diduga pelaku berjumlah dua orang dan menggunakan sepeda motor ketika melakukan aksinya. Pelaku langsung meninggal dunia setelah meledakkan diri. Sebanyak 20 orang dilaporkan terluka akibat insiden tersebut.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini