Komnas HAM Sebut Teror Bom di Gereja Katedral Makassar Perbuatan Biadab

Riezky Maulana, iNews · Senin 29 Maret 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 337 2385632 komnas-ham-sebut-teror-bom-di-gereja-katedral-makassar-perbuatan-biadab-zcCq80h05Y.jpg Komnas HAM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Amiruddin mengutuk keras aksi teror bom bunuh diri yang dilakukan di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) pagi. Menurutnya, hal tersebut adalah tindakan yang biadab dan mengancam HAM. 

"Aksi teror dengan meledakan bom bunuh diri di Gereja Katederal Makasar pagi hari tanggal 28 Maret 2021 adalah perbuatan biadab yang mengancam hak asasi manusia dan kemanusiaan," tuturnya melalui keterangan tertulis, Minggu (28/3/2021) malam.

Oleh karenanya, peristiwa tersebut dia kecam sekeras-kerasnya. Amiruddin berharap, aparat kepolisian dapat segera mengungkap pelaku dan penanggungjawab aksi teror tersebut.

Baca juga: Terkait Bom Gereja Katedral Makassar, Tim Densus Tangkap 4 Orang di Bima

Setelah ditemukan, dia meminta agar para pelaku dapat diadili dan dibawa ke meja hijau sesuai dengan hukum yang berlaku. 

"Berharap Aparatur Polri bisa dengan cepat mengungkap para pelaku dan penanggung jawab aksi teror yang biadab tersebut, dan membawa mereka ke pengadilan sesuai ketentuan hukum yang ada," katanya. 

Baca juga: Panglima dan Kapolri Kunjungi Lokasi Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Diberitakan sebelumnya, peristiwa diduga bom bunuh diri terjadi di Kota Makassar. Bom meledak di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) pukul 10.20 WITA.  

Diduga pelaku berjumlah dua orang dan menggunakan sepeda motor ketika melakukan aksinya. Mereka diduga langsung meninggal dunia setelah melancarkan aksinya. Sebanyak 20 orang dilaporkan terluka akibat insiden tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini