Akankah Prabowo Tunjuk Kadernya Maju di Pilpres 2024?

Kiswondari, Sindonews · Sabtu 27 Maret 2021 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 337 2385119 akankah-prabowo-tunjuk-kadernya-maju-di-pilpres-2024-b8NjJkBM1M.jpg foto: ist

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi tokoh sentral di Partai Gerindra. Kondisi ini sama seperti PDI Perjuangan di mana, Ketumnya Megawati Soekarnoputri juga menjadi tokoh sentral.

(Baca juga: Kubu Moeldoko Tidak Ingin Proyek Mangkrak Wisma Atlet Jadi Candi Hambalang)

Demikian diutarakan Analis Politik dari Universitas Paramadina, Jakarta, Hendri Satrio, dalam diskusi Polemik Trijaya yang bertajuk “Senjakala Regenerasi Parpol” yang disiarkan daring di kanal Youtube MNC Trijaya, Sabtu (26/3/2021).

“Parpol modern itu memang rata-rata tidak memiliki tokoh sentral, jadi siapa saja bisa menjadi ketua parpol. Maka sebenarnya ujian di PDIP dan Gerindra saat tokoh sentralnya menjadi sufi betulan, sehingga siapa saja bisa terpilih,” kata Hendri.

(Baca juga: Larangan Mudik 2021 Bisa Mencegah Varian Baru Corona B 117)

Akibat ketokohan Prabowo yang begitu besar, kata pria yang akrab disapa Hensat itu, jika memang Prabowo mau mencalonkan kembali di Pilpres 2024 mendatang, maka mau tidak mau dilanjutkan.

“Di Gerindra mau nggak mau ya Prabowo, tadi bang Kamrus (Kamrussamad) waktu offline (diskusi) memberikan hints hints (petunjuk), kalau masih ada pak Prabowo dan pak Prabowo mau terus yaudah,” ujarnya.

Tetapi, founder lembaga survei KedaiKOPI ini juga mempertanyakan, seberapa besar keberanian Prabowo mengikuti jejak Megawati, untuk menunjuk kadernya seperti Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di pemilu presiden (pilpres).

“Dan seberapa berani pak Prabowo mengikuti jejak Megawati menunjuk kadernya seperti Jokowi untuk maju ke perhelatan presiden,” kata Hensat.

Namun, Hensat juga menangkap bahwa yang menjadi pertanyaan besar publik adalah, siapa kader Gerindra selain Prabowo yang memiliki popularitas. Tentu jawabannya adalah Sandiaga Uno dan Arief Poyuono.

Menurutnya, kedua nama itu paling top di Gerindra selain Prabowo, bahkan Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ahmad Muzani sekalipun.

“Hashim (Hashim Djojohadikusumo) kan adeknya. Coba aja tanyain, coba survei deh? Siapa kader Gerindra yang anda kenal? pasti Prabowo, Sandi, Arief Poyuono. Even bang Dasco, Ahmad Muzani pasti nggak keluar,” ungkap Hensat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini