Doni Monardo Akan Terima Gelar Honoris Causa dari IPB

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 27 Maret 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 337 2384878 doni-monardo-akan-terima-gelar-honoris-causa-dari-ipb-Xo0Oo3X8cx.jpg Doni Monardo (Foto : BNPB)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo akan menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) hari ini, Sabtu (27/3/2021).

Rencana penerimaan gelar Honoris Causa kepada Doni Monardo telah diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB sejak Oktober 2020.

“Pemberian gelar ini sesuai dengan Peraturan Senat Akademik IPB Nomor 05/2015 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) di Lingkungan IPB,” tulis keterangan yang tertulis di laman resmi IPB, Sabtu (27/3/2021).

Doni Monardo dinilai pantas memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan.

IPB menilai ada lima aksi Doni Monardo yang dinilai luar biasa sehingga berhak menerima gelar Honoris Causa ini. Pertama, membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan keterampilan (environmental awareness and training).

Baca Juga : Ditahan KPK Setelah 5 Tahun Jadi Tersangka, RJ Lino Senang

Kedua, memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jejaring kerja kolaborasi (pentahelix). Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem. Keempat, membangun kolaborasi penegakan hukum. Dan kelima, melakukan advokasi kebijakan.

Doni Monardo yang kini juga menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga memiliki rekam jejak karir yang panjang. Bahkan, selama berkarir dirinya juga memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Salah satunya ketika dia menjabat sebagai Pangdam Siliwangi (2017-2018) dengan program Citarum Harum.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini