Menko PMK: Pandemi Covid-19 Jadi Nilai Tambah dalam Perangi Tuberkulosis

Ratu Syra Quirinno, MNC Media · Jum'at 26 Maret 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 337 2384215 menko-pmk-pandemi-covid-19-jadi-nilai-tambah-dalam-perangi-tuberkulosis-BzOhfvIrtt.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Sindo)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, seluruh fokus penanganan Covid-19 seharusnya bisa dimanfaatkan simultan dalam memerangi tuberkulosis atau TB.

"Karena soal tracing, tracking, testing dan treatment sebetulnya Covid-19 dan TB hampir sama, dan begitu juga dengan peralatan yang diperlukan juga tidak jauh berbeda," kata Muhadjir, Kamis (26/3/2021)

Menurut dia, pandemi Covid-19 seharusnya menjadi nilai tambah dan sinergi positif dalam memerangi TB. Dia juga mengajak semua pihak agar agenda ke depan menyinergikan penanganan pandemi Covid-19 ini dengan memerangi TB di Indonesia.

"Pandemi Covid-19 jadi nilai tambah dalam memerangi TB," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes: Hanya 24% Penderita Tuberkulosis Datang ke Fasyankes

Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2021 bertemakan "Setiap Detik Berharga Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis". Menko Muhadjir berpesan, momentum Hari Tuberkulosis Sedunia ini dapat dimaknai oleh seluruh pihak untuk tak kenal lelah dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengentaskan TB.

Baca juga: Terkendala Pandemi, Begini Upaya Pemerintah Berantas TBC

"Marilah kita manfaatkan setiap detik untuk bersama-sama melawan TB ini dengan semboyan yaitu Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis (TOSS TB) di Indonesia," tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini