Soal Kepastian Pelaksanaan Haji 2021, Ini Jawaban Dubes Arab Saudi

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Kamis 25 Maret 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 337 2383911 soal-kepastian-pelaksanaan-haji-2021-ini-jawaban-dubes-arab-saudi-k0wIOpJb6w.jpeg Pelaksanaan Haji 2020 di tengah pandemi. (Foto: Twitter @HajMinistry)

JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, masih belum mengungkap kepastian pelaksanaan ibadah Haji 2021. Dia tidak ingin mendahului pernyataan resmi dari pihak Kerajaan Saudi. 

"Nanti akan ada aturan-aturan yang belum bisa diumumkan secara resmi sekarang," ucapnya di The Millenium Hotel Sirih, Jakarta usai menghadiri agenda penutupan Musabaqah Hafalan Qur'an dan Hadits (MHQH) Tingkat Nasional ke-13, Kamis (25/3/2021).

Esam menceritakan, saat ini pemerintah Arab tengah menggodok aturan mengenai pelaksanaan haji di tengah pandemi. 

Baca juga: Terkait Haji 2021, Kemenag Tunggu Informasi Resmi dari Arab Saudi

"Alhamdulillah sampai saat ini pemerintah Arab Saudi sedang menyusun kegiatan rencana dan strategi. Mereka sangat memberikan perhatian besar untuk menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya menggunakan Bahasa Arab yang diterjemahkan oleh tim interpreter Kemenag

Meski begitu, ia tetap meyakini ibadah haji tahun ini tetap terselenggara meski tak serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Baca juga: Tunggu Keputusan Saudi, Kemeneg Minta Kanwil Petakan Kuota Haji

"Oleh sebab itu, tentu saja akan kita lihat perbedaan yang mencolok antara pelaksanaan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya," tutup Esam. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini