Gugat AHY Rp55,8 Miliar, Kubu Jhoni Allen Singgung Kasus Fahri Hamzah Lawan PKS

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 24 Maret 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 337 2383378 gugat-ahy-rp55-8-miliar-kubu-jhoni-allen-singgung-kasus-fahri-hamzah-lawan-pks-pIKrGIX07q.jpg Kuasa hukum Jhoni Allen, Slamet Hassan. (Foto: Arie Dwi S)

JAKARTA - Kuasa hukum politikus Jhoni Allen Marbun, Slamet Hassan sempat menyinggung kasus Fahri Hamzah melawan Partai Keadilan Sosial (PKS). Slamet menyatakan bahwa kasus tersebut sebagai salah satu acuan kliennya menggugat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Cs.

Hal itu diungkapkan Slamet usai membacakan surat gugatan yang diajukan kliennya, Jhoni Allen Marbun, terkait pemecatan dirinya sebagai Anggota Partai Demokrat. Jhoni menggugat tiga Politikus Demokrat yakni AHY selaku tergugat I; Teuku Riefky Harsya selaku tergugat II; serta Hinca Panjaitan selaku tergugat III.

Baca juga: Kubu Jhoni Allen Sebut AHY hingga Hinca Panjaitan Melawan Hukum

"Kami menggunakan kasus pemecatan Fahri Hamzah itu sebagai salah satu referensi, bahwa ini seharusnya (pemecatan Jhoni Allen) ini punya yurisprudensi," ujar Slamet Hassan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (24/3/2021).

AHY.

Menurut Slamet, kasus Jhoni Allen dan Fahri Hamzah mempunyai kemiripan karena pemecatan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Kata Slamet, Jhoni Allen maupun Fahri Hamzah sama-sama tidak diberikan ruang untuk klarifikasi saat dipecat sebagai kader parpol.

"Pak Fahri Hamzah pada saat itu dipecat juga tidak diberikan kesempatan untuk membela diri atau tidak ada klarifikasi. Tahu-tahu dikirim surat pemecatan oleh kurir, mirip seperti yang dilakukan oleh Demokrat terhadap Jhonni Allen," ucap Slamet.

Baca juga: Jika KLB Moeldoko Disahkan, Kubu AHY : Sama Saja Legalkan Sikap Brutal!

Sekadar informasi, Fahri Hamzah dipecat oleh Majelis Tahkim PKS pada 11 Maret 2016 atas kasus dugaan pelanggaran kode etik. Fahri dianggap membela mati-matian Ketua DPR ketika itu, Setya Novanto, yang terlibat dalam kasus 'Papa Minta Saham'. Fahri pun menggugat PKS dan meminta ganti rugi sebesar Rp30 miliar.

Sementara itu, Jhonni Allen meminta majelis hakim menghukum AHY Cs untuk membayar ganti rugi sebesar Rp55,8 miliar. Ia menilai keputusan pemecatan oleh Partai Demokrat merupakan perbuatan melawan hukum dan merugikan dirinya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini