Dituntut 2 Tahun Penjara, Pengacara Gus Nur Siapkan Pleidoi

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 23 Maret 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 337 2382725 dituntut-2-tahun-penjara-pengacara-gus-nur-siapkan-pleidoi-o3LBP21DjW.jpg Gus Nur (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Tim kuasa hukum Sugi Nur Raharja atau Gus Nur, Ricky Fatamazaya mengatakan, pihaknya bakal mengajukan pembelaan atau pleidoi atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di kasus perkara ujaran kebencian.

"Kami tetap akan melakukan pleidoi karena memang dijadwalkan pekan depan hari Senin (29 Maret 2021). Bagaimana konsepnya, berkas kami upayakan atau kirim ke pengadilan, tapi kami juga buka ke publik," ujarnya di PN Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021).

Namun, dia belum bisa memastikan apakah pledoi tersebut dalam bentuk tertulis ataukah akan dibacakan secara langsung di persidangan. Pastinya, pihaknya akan berupaya untuk memberikan hal terbaik bagi kliennya.

Maka itu, tambahnya, dia meminta dukungan dari semua pihak agar perkara yang dihadapi Gus Nur bisa mendapatkan hasil terbaik. Dia juga meminta semua umat Muslimin untuk mendoakan kliennya tersebut agar bisa bebas dari jeratan hukum tersebut.

Sebabnya, kata dia, dia menganggap peradilan yang dihadapi kliennya itu merupakan peradilan politik, bukan peradilan hukum. Apalagi, selama persidangan berlangsung, pihak yang merasa menjadi korban atas ucapan kliennya dalam wawancara di Youtube tidak jelas.

Baca Juga : Kasus Ujaran Kebencian, Jaksa Tuntut Gus Nur 2 Tahun Penjara

Pihak yang menjadi saksi korban, yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Chomumas atau Gus Yaqut dan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj tak pernah datang selama persidangan. Tercatat, keduanya sudah empat kali mangkir dari panggilan untuk memberikan kesaksiannya itu.

"Jangan tiba-tiba yang jadi korban tidak ada, tidak hadir, tetapi hukumannya, tuntutannya seberat itu, mestinya beliau dibebaskan dari segala tuntutan maupun dakwaan sebenarnya," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini