Ini Alasan Kuasa Hukum Gus Nur Walkout dari Persidangan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 23 Maret 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 337 2382724 ini-alasan-kuasa-hukum-gus-nur-walkout-dari-persidangan-yo6USgqcT8.jpg Gus Nur (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang perkara ujaran kebencian atas terdakwa Sugi Nur Raharja atau Gus Nur, pada Selasa (23/3/2021) dengan agenda tuntutan. Namun, tim pengacara tetap memilih walkout.

"Mendampingi sebenarnya, tapi tidak di dalam ruangan. Sesuai dengan komitmen di awal kami, selama terdakwa tidak dihadirkan, kami tak akan datang ke persidangan," ujar pengacara Gus Nur, Ricky Fatamazaya di PN Jaksel, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga:  Kasus Ujaran Kebencian, Jaksa Tuntut Gus Nur 2 Tahun Penjara

Menurutnya, tuntutan yang akan dihadapi oleh kliennya, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan. Meski, dia juga tetap menyayangkan apa yang menjadi dasar tuntutan terhadap Gus Nur karena hingga kini tak jelas siapa yang merasa dirugikan dalam perkara ini.

Pasalnya, pihak yang menjadi saksi korban, yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut dan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj tak pernah datang selama persidangan.

"Sejak awal kami yakini proses ini banyak yang dilangkahi. Buat apa kami buat saksi yang meringankan karena korban juga tidak ada. Ngapain kami hadirkan saksi meringankan?" katanya.

Baca Juga: Tak Hadirkan Saksi, Sidang Gus Nur Langsung ke Tuntutan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini