Jaksa Dalami Pengakuan Juliari soal Aliran Uang untuk Pedangdut Cita Citata

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 22 Maret 2021 22:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 337 2382289 jaksa-dalami-pengakuan-juliari-soal-aliran-uang-untuk-pedangdut-cita-citata-4Khcc6WZKK.jpeg Juliari P Batubara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mendalami pengakuan Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara soal dugaan aliran uang ke sejumlah pihak. Salah satunya, terkait adanya dugaan aliran uang ke Pedangdut Cita Citata.

Jaksa mendalami pengakuan Juliari dalam sidang lanjutan perkara dugaan suap terkait pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Dalam persidangan ini, Juliari bersaksi untuk terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja. 

"Pembayaran artis Cita Citata? Acara di Labuan Bajo, tahu enggak Adi (Wahyono) bayar pake duit apaan?," cecar salah satu Jaksa kepada Juliari di ruang sidang Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021).

"Tidak mengetahui," jawab Juliari secara virtual dari Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Tak sampai di situ, Jaksa kembali mengonfirmasi Juliari soal sumber dana yang digunakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos) Adi Wahyono untuk kegiatan di Labuan Bajo. Jaksa mendalami pengakuan Juliari soal dana untuk panitia hingga pesawat terkait kegiatan itu.

"Apa saudara tahu uang yang dipakai Adi untuk membayar biaya makan, panitia, pesawat dan lain-lain?," Tanya jaksa ke Juliari. 

Baca juga: Saksi Akui Pernah Dititipkan Amplop oleh Juliari untuk Ketua DPC PDIP Kendal

"Tidak mengetahui," timpalnya.

Sebelumnya, nama Cita Citata muncul ketika PPK pengadaan Bansos Covid-19, Matheus Joko Santoso bersaksi untuk terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja, pada Senin, 8 Maret 2021. 

Dalam persidangan tersebut, Matheus membeberkan bahwa uang yang diserahkan kepada Juliari Peter Batubara, saat masih menjabat Menteri Sosial sebesar Rp14,7 miliar. Uang tersebut, kata Matheus, digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membayar jasa pengacara hingga kunjungan kerja ke Semarang.

Baca juga: Juliari Batubara Diduga Kerap Minta Uang Operasional Menteri, Bikin Pusing Anak Buahnya

Selain mengalir ke sejumlah pihak di lingkungan Kementerian Sosial, uang itu juga digunakan untuk berbagai kegiatan kementerian seperti acara di Labuan Bajo. Di mana, ketika itu Pedangdut Cita Citata menjadi tamu undangan.

"Artisnya (yang diundang) informasinya Cita Citata, tapi saya juga enggak hadir," kata Matheus.

Uang bansos, lanjut dia, juga digunakan untuk pembayaran hotel Biro Humas Rp80 juta; tes swab pimpinan kementerian Rp30 juta; seragam baju tenaga pelopor Rp80 juta.

"Pembayaran kegiatan di Mesuji Lampung Rp100 juta, pengerahan tenaga pelapor untuk monitoring gudang Rp80 juta, pembayar makan-minum rapat pimpinan awal-akhir Rp100 juta, pembayar makan minum tim bansos relawan dan tim pantau Rp200 juta, pembayar sapi Rp100 juta, sewa pesawat carter Labuan Bajo Rp270 juta, pembayaran artis untuk kegiatan rapat Labuan Bajo Rp150 juta," imbuhnya.

Cita Citata sendiri sudah mengklarifikasi terkait namanya yang turut muncul dalam persidangan kasus dugaan Bansos Covid-19. Cita menekankan bahwa tidak terlibat dalam perkara itu. Ia juga menjelaskan bahwa diundang untuk konser di Labuan Bajo melalui pihak Event Organizer, bukan dari Kemensos.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini