DPR Minta BNPT Optimalkan Pencegahan dan Tingkatkan Koordinasi untuk Tangkal Radikalisme

Kiswondari, Sindonews · Senin 22 Maret 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 337 2382059 dpr-minta-bnpt-optimalkan-pencegahan-dan-tingkatkan-koordinasi-untuk-tangkal-radikalisme-mKM4tqAMdr.jpg Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto : Dok Humas BNPT)

JAKARTA – Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021), disepakati dua poin kesimpulan.

Pertama, Komisi III DPR meminta BNPT lebih mengoptimalkan fungsi pencegahan penanggulangan terorisme. Pencegahan itu harus mematuhi prinsip kehati-hatian.

“Komisi III DPR RI mendesak Kepala BNPT agar lebih mengoptimalkan fungsi pencegahan penanggulangan terorsime dengan melakukan langkah-langkah antisipasi secara terus-menerus yang dilandasi dengan prinsip perlindungan hak asasi manusia dan prinsip kehati-hatian sebagai upaya untuk mencegah paham radikal-terorisme,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh membacakan kesimpulan.

Kedua, sambung politikus PAN itu, Komisi III DPR mendukung Kepala BNPT untuk terus meningkatkan pola koordinasi dan konsolidasi dengan kementerian/lembaga (K/L), berbagai lembaga nonpemerintah dan akademisi, dalam menangkal bibit-bibit radikalisme dan terorisme.

“Komisi III DPR RI mendukung Kepala BNPT agar terus meningkatkan pola koordinasi dan konsolidasi dengan kementerian/lembaga, universitas, lembaga riset, organisasi keagamaan dan lembaga internasional, serta turun ke daerah-daerah untuk melakukan sosialisasi guna menangkal bibit-bibit paham radikal-terorisme,” sambungnya.

Baca Juga : Kepala BNPT: Selama Pendemi Covid-19 Tren Potensi Radikalisme Menurun

Kesimpulan ini juga disepakati oleh Kepala BNPT Boy Rafli Amar, kemudian RDP ditutup.

Baca Juga : Resahkan Masyarakat, Kepala BNPT Ingin KKB Masuk Kategori Terorisme

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini