TNI Berencana Buat Badan Baru untuk Antisipasi Ancaman Biologi

Riezky Maulana, iNews · Senin 22 Maret 2021 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 337 2381800 tni-berencana-buat-badan-baru-untuk-antisipasi-ancaman-biologi-CeFUJ1CC82.JPG Letjen TNI Marinir Bambang Siswantono (Foto: Riezky)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berencana membuat sebuah badan baru. Badan ini dibentuk dalam upaya penguatan Ketahanan Kesehatan Nasional saat menghadapi ancaman biologi atau pandemi lain di masa depan.

Hal itu diungkapkan oleh Irjen TNI Letjen TNI Marinir Bambang Suswantono saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI 2021 mewakili Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021).

"Perlu dipikirkan apakah perlu adanya badan atau lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan menyelenggarakan pertahanan negara di bidang biologi (biodefense)," kata Bambang.

Baca Juga: Survei Indikator Politik Indonesia : TNI Paling Dipercaya Publik, Diikuti Presiden dan Polri

Selain badan tersebut, TNI juga tengah menimbang apakah perlu dibuat sebuah pusat biosecurity. Tugasnya adalah mengkoordinaskan dan melaksanakan identifikasi, deteksi, pencegahan, hingga respon terhadap ancaman bioteror dan ancaman kedararutan kesehatan akibat penyakit infeksi.

"Dalam menjalankan tugas dan fungsinya biosecurity dan biodefense tersebut memiliki tanggung jawab koordinasi dengan Kementerian Pertahanan dan kementerian lembaga terkait lainnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Dia menuturkan, ancaman biologi atau bio-threats, apabila tidak dikelola dengan baik dan benar akan membahayakan keamanan nasional. Oleh karenanya, seluruh komponen bangsa diharapkan dapat menghilangkan ego sektoral, dan saling bahu membahu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini