Survei Indikator Politik Indonesia : TNI Paling Dipercaya Publik, Diikuti Presiden dan Polri

Riezky Maulana, iNews · Minggu 21 Maret 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 337 2381541 survei-indikator-politik-indonesia-tni-paling-dipercaya-publik-diikuti-presiden-dan-polri-Ty19YMgrax.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi lembaga negara yang paling dipercaya oleh milenial berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Tingkat kepercayaan terhadap TNI mencapai 89% (terdiri atas sangat percaya 12% dan cukup percaya 77%).

Sementara 9% responden menjawab sedikit percaya dan 1,1% tidak percaya sama sekali.

Di posisi kedua, ada Presiden dengan tingkat kepercayaan mencapai 85%. Responden yang menjawab sedikit percaya ada sekitar 13%.

Polri berada di peringkat ketiga sebagai lembaga yang dipercaya publik. Sekitar 67% menjawab cukup percaya dan 7% sangat percaya.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK berada di posisi keempat dengan tingkat kepercayaan 69% cukup percaya, dan 5% sangat percaya. Ada sekitar 20% yang sedikit kepercayaannya terhadap lembaga anti-rasuah tersebut.

"Soal kepercayaan terhadap institusi, survei anak muda secara umum tidak berbeda. Mereka masih percaya pada TNI, Presiden, Polisi, baru kemudian KPK," tutur Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan rilis survei, Minggu (21/3/2021).

Dia memaparkan, partai politik dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi institusi yang tingkat kepercayaannya terendah. Untuk tingkat kepercayaan partai politik sebanyak 54% responden menjawab cukup percaya, dan sangat percaya hanya 3%. 

Sementara itu, 56% responden menjawab cukup percaya dengan DPR. Sama seperti partai politik, reponden yang menjawab sangat percaya hanya 3%.

Baca Juga : Siaga Covid-19, Satgas Yonif 642 Awasi Kepulangan Pekerja Migran di Perbatasan

Indikator Politik Indonesia melakukan survei menggunakan metode simple random sampling melalui sambungan telepon ke 1.200 orang anak muda yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia selama periode Maret 2018 hingga 2020. Survei ini memiliki toleransi margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Baca Juga : TNI Musnahkan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Militer, Ada Senpi hingga Granat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini