Waspada Covid-19 Varian Baru, WNA Masih Dibatasi Masuk ke Indonesia

Sazili Mustofa, Koran SI · Minggu 21 Maret 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 337 2381499 waspada-covid-19-varian-baru-wna-masih-dibatasi-masuk-ke-indonesia-hNepvVpG6B.jpg Warga negara asing (WNA).(Foto:Dok Okezone)

DENPASAR - Untuk mewaspadai penyebaran virus Covid-19 varian baru, pemerintah masih membatasi masuknya warga negara asing (WNA). Kebijakan ini, mengacu pada surat edaran terkait protokol kesehatan perjalanan internasional di masa pandemi.

"Varian baru ini datangnya dari manusia, tentu perlu ada pengendalian masuknya orang baik WNI dan WNA dari luar negeri," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, dilansir Antara, Minggu (21/3/2021).

Beberapa varian baru virus corona sudah masuk ke Indonesia. Ada tujuh kasus yang ditemukan terkait varian B117. Virus ini bisa meningkatkan penularan, gejala dan berpotensi tinggi kematian.

Baca Juga: Cegah Varian Baru Covid-19, Satgas: Pengaturan Mobilitas Perjalanan Sudah Dirancang dengan Proteksi Berlapis

Epidemiolog Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada dr Riris Andono Ahmad mengatakan pemerintah harus terus mengedukasi masyarakat.

Baca Juga: Covid-19 B117 Masuk Indonesia, Konsumsi 5 Makanan Ini Perkuat Imunitas

"Edukasi juga bahaya virus dan bagaimana pencegahannya, itu harus dilakukan secara meluas," ujar Riris.

Riris mengapresiasi upaya pemerintah yang telah menyampaikan potensi dan dampak dari varian corona terbaru. Menurut dia, hal ini menjadi bagian dari edukasi agar warga meningkatkan kewaspadaan dan kesadarannya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini