Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia Sepanjang 2021

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 21 Maret 2021 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 337 2381321 deretan-kecelakaan-pesawat-di-indonesia-sepanjang-2021-8Gq4qU8WYL.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Pesawat Cargo Trigana Air dengan registrasi PK-YSF mengalami masalah pada bagian mesin kode dua. Saat proses landing terlihat percikan api karena gesekan roda dengan aspal runway.

Meski terlihat percikan api kondisi pesawat masih utuh dan tidak terbakar. Sebab proses pemadaman hanya membutuhkan waktu dua menit.

"Kalau percikan api ada karena gesekan dengan itu, tidak kebakar pesawatnya tidak, pesawatnya utuh. Kebakaran di bagian roda karena gesekan antara metal dengan aspal," kata Eksekutif General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Nandang Sukarna saat jumpa pers, Sabtu 20 Maret 2021.

Baca Juga:  Tergelincir di Bandara Halim, Pesawat Trigana Air Sempat Keluarkan Percikan Api

Dari informasi yang dihimpun sepanjang 2021, ada dua insiden kecelakaan pesawat yang terjadi di Indonesia;

1. Kecelakaan Pesawat Cargo Trigana Air

Pesawat cargo Trigana Air PK-YSF tujuan Makassar, Sulawesi Selatan ini take off dari Bandara Halim PK pukul 10.53 WIB. Pada pukul 11.18 WIB, Capt Pilot Marsa kontak ke Tower Halim untuk minta kembali ke Bandara Halim karena ada kendala pada satu engine rusak (failed).

Pesawat dengan registrasi PK-YSF landing, namun pada saat landing pesawat tergelincir yang mengakibatkan roda depan pesawat patah. Pesawat Trigana Air berisi 2 pilot, 1 teknisi, dan 1 FOO (Flight Operation Officer) semua aman tidak ada korban jiwa

2. Kecelakaan Pesawat Sriwijaya

 

Pada Sabtu 9 Januari 2021, Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ 182 hilang kontak sekira pukul 14.40 WIB.

Setelah dilakukan pemeriksaan, alhasil pihak terkait mengonfirmasi bahwa Pesawat itu jatuh di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Baca Juga:  Jet Tempur MiG-21 Jatuh Saat Lepas Landas, Pilot Tewas

Proses identifikasi korban pun dilakukan. Posko Post Morten dan Ante Mortem didirikan untuk tim DVI melakukan proses identifikasi dari jasad korban.

Operasi identifikasi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 resmi berakhir pada Selasa 2 Maret 2020. Dalam hal ini, dari jumlah 62 korban, 59 diantaranya teridentifikasi oleh petugas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini