Kronologi Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 20 Maret 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 337 2381139 kronologi-pesawat-trigana-air-tergelincir-di-bandara-halim-perdanakusuma-MG0DEThoTX.jpg Foto:Ist

JAKARTA - Pesawat Kargo Trigana Air PSK-YSF tergelincir dan keluar jalur runway Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3/2021).

Jubir Kemenhub Aditia Irawati mengatakan, pesawat yang tergelincir tersebut adalah tujuan Halim-Makassar.

(Baca juga: Habib Rizieq Disebut Menghina Persidangan, Ini Bukti yang Dibawa Jaksa)

"Pada hari ini Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 11.26 wib telah terjadi pendaratan keluar runway yang dialami oleh Pesawat cargo Trigana PSK YSF dengan rute Halim- Makassar," kata Aditia saat dikonfirmasi Okezone.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pesawat ini mengangkut kargo dari Halim menuju Makassar.

(Baca juga: Pesawat Trigana Air Tergelincir di Halim)

Berikut ini kronologi tergelincirnya Pesawat Trigana Air yang dihimpun berbagai sumber

a. Pukul 10.53 Wib, Pesawat Trigana Air, registrasi PK-YSF take off dari Bandara Halim PK dengan tujuan Pontianak.

b. Pukul 11.18 Wib, Kapten Pilot Marsa kontak ke Tower Halim untuk minta kembali ke Bandara Halim PK (Return To Base/RTB), karena ada kendala teknis.

c. Pukul 11.25 Wib, Pesawat Kargo Trigana Air, registrasi PK-YSF landing, namun pada saat landing pesawat tergelincir yang mengakibatkan roda depan pesawat patah.

d. Akibat kejadian tersebut roda depan pesawat patah dan untuk sementara Bandara Halim PK ditutup selama 4 jam untuk evakuasi dan pembersihan TKP.

Sementara itu, VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menjelaskan ada tujuh penerbangan yang tertunda dan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, akibat insiden tergelincirnya Trigana Air, di Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Saat ini terdapat tujuh flight yang dialihkan dimana lima flight Batik Air dan dua Flight Citilink," jelas Yado dalam keterangan tertulis.

Yado pun menginformasikan bahwa runway Bandara Halim Perdanakusuma sementara waktu ditutup untuk penerbangan sipil sesuai dengan NOTAM nomor A0693/21.

"Pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 nomor registrasi PK-YSF tergelincir di runway, sehingga badan pesawat menutupi sejumlah area runway [Blocked by Aircraft]," tutup Yado.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini